DetikNews
Senin 22 April 2019, 10:54 WIB

Polisi Tembak 3 Begal yang Beraksi di Palmerah Jakbar

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Tembak 3 Begal yang Beraksi di Palmerah Jakbar Ilustrasi/Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Polisi menembak tiga dari empat orang pelaku begal yang sering beraksi di Palmerah, Jakarta Barat. Keempat pelaku begal sudah diintai polisi sejak lama.

Keempat tersangka itu yakni SJ (29), SI (17 ), MO (24), dan TK (20). Sedangkan satu orang tersangkanya, RA (27) masih diburu polisi.

"Tiga dari empat pelaku kasus pencurian dengan kekerasan terpaksa harus dilumpuhkan dengan menggunakan timah panas lantaran pelaku hendak ditangkap melakukan perlawanan kepada petugas kepolisian dengan menggunakan senjata tajam pada Minggu dini hari (21/4)," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu dalam keteranganya kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Keempat pelaku itu ditangkap di lokasi yang berbeda. Para pelaku melakukan perlawanan ke polisi saat penangkapan.

Edy mengatakan, komplotan begal kerap beraksi di wilayah Kemanggisan, Palmerah, Jakbar. Terakhir, pelaku beraksi di Jalan Arjuna, Kemanggisan, Palmerah, pada Senin (8/4) dini hari.

Saat itu, korban AK (37) seorang pengemudi ojek online yang sedang berjalan pulang melintasi daerah tersebut dihampiri oleh 3 sepeda motor yang ditumpangi kelompok tersebut. Komplotan itu mengancam korban dengan senjata tajam dan mengambil motor korban.

"Salah satu pelaku mengambil kunci kontak sepeda motor korban, sedangkan pelaku yang lain mengancam korban dengan menggunakan senjata api dan golok untuk memberikan rasa takut kepada korban dan merampas barang-barang milik korban. Selanjutnya, pelaku langsung pergi dan membawa kabur 1 unit sepeda motor milik korban," papar Edy.

Setelah ditelusuri, ternyata kelompok ini sudah beraksi lebih dari satu kali. Kelompok ini beraksi di wilayah Jakarta Barat pada dini hari.

"Bukan hanya satu tempat saja mereka melakukan aksinya, kita masih kembangkan," kata Edi.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang tindak pencurian disertai kekerasan.
(sam/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed