DetikNews
Senin 22 April 2019, 02:11 WIB

Tepis Tuduhan Curang, KPU Banten Undang Warga Lihat Input Situng

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Tepis Tuduhan Curang, KPU Banten Undang Warga Lihat Input Situng Foto ilustrasi (Satria Nandha/detikcom)
Jakarta - KPU Banten merespons ramainya media sosial yang ramai dengan tuduhan kecurangan akibat kesalahan input di Portal Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) RI. Menangapi itu, KPU Banten mengajak masyarakat untuk melihat proses input data di setiap kantor KPU kabupaten dan kota.

"Mengundang masyarakat untuk melihat langsung bagaimana proses input di KPU. Semua proses terbuka, disupervisi dan dimonitor dengan ketat," kata Komisioner KPU Banten Agus Sutisna dalam keterangan kepada wartawan di Serang, Minggu (21/4/2019).



Petugas input data di KPU kabupaten dan kota se-Banten menurutnya bekerja 24 jam bergantian. Mereka melakukan pemindaian dan memasukan data secara manual agar bisa diakses publik melalui situs KPU RI.

"Publik juga bisa melihat para penyelenggara sudah bekerja keras untuk menghadirkan update informasi perolehan suara kepada masyarakat," paparnya.



Sementara, Koordinator Divisi Tekhnis KPU Banten Mashudi menambahkan, warga diminta bersabar untuk menunggu hasil resmi pengitungan KPU. Sampai saat ini, belum ada ketetapan siapa calon presiden terpilih.

Masyarakat juga katanya perlu memahami bahwa penetapan calon presiden terpilih tidak didasakan hitung cepat lembaga survei.



"Bahkan juga tidak berdasarkan hasil real count di portal Situng KPU RI. Melainkan didasarkan pada hasil rekapitulasi manual form C1 yang saat ini sedang berproses di tingkatan PPK," ujarnya.

Sebab itu, ia juga mengundang masyarakat hadir mengawal proses rekapitulasi di tingkat PPK sampai ke kabupaten dan kota.



(bri/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed