DetikNews
Minggu 21 April 2019, 20:54 WIB

Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Polewali Diwarnai Protes

Abdy Febriady - detikNews
Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Polewali Diwarnai Protes Penghitungan suara tingkat kecamatan di Polewali diwarnai protes. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan, yang berlangsung di pendapa Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, diwarnai protes. Anggota Panwaslu setempat menjelaskan penyebab protes itu.

Rekapitulasi penghitungan suara itu digelar Minggu (21/4/19) siang. Selain akibat terlambatnya pelaksanaan kegiatan yang awalnya dijadwalkan dimulai pukul 9 pagi dan malah molor hingga pukul 14.00 waktu setempat, aksi protes juga datang dari sejumlah saksi partai yang hadir serta anggota Panwaslu Kecamatan Wonomulyo, yang menilai PPK Wonomulyo selaku penyelenggara kegiatan tidak memahami mekanisme pelaksanaan rekapitulasi. Salah satunya mekanisme yang harus ambil oleh PPK saat terjadi perbedaan data dengan panwaslu dan saksi.


"Ini persoalan rekap kecamatan, tadi kita sarankan agar jika ada perbedaan data antar-PPK, Panwas dan saksi, untuk membuka kotak dan memperlihatkan C1 plano yang menurut kami rujukan terakhir. Jika memang tidak ada titik temu, akan direkomendasikan untuk dilakukan penghitungan suara ulang," ujar anggota Panwaslu, Munawir, kepada wartawan.

"Menurut saya, persiapan teman-teman PPK kurang, sepertinya komunikasi di antara teman-teman PPK kurang bagus karena sangat sulit dilakukan koordinasi untuk memperlancar rekap ini. Terbukti nyatanya seperti yang kita lihat sekarang, banyak masalah yang terjadi, dilaksanakan seperti asal-asalan saja " lanjut Munawir menyayangkan.


Keluhan serupa dilontarkan salah seorang saksi partai yang tidak ingin disebutkan namanya, yang menilai PPK Wonomulyo selaku penyelenggara rekapitulasi terkesan asal-asalan dalam menjalankan tugasnya. Dia menilai persiapan PPK kurang maksimal sehingga rekapitulasi tidak berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan.

"Kami berharap teman-teman PPK bisa serius, rekap ini persoalan penting, persoalan data perolehan suara, jangan sampai merugikan kami," sebutnya.

Rencananya proses rekapitulasi yang dimulai pada hari ini akan dilangsungkan hingga 26 April mendatang.
(gbr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed