DetikNews
Minggu 21 April 2019, 18:13 WIB

Jokowi Menang QC, Relawan Gelar Cukur Gratis di Tugu Proklamasi

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Jokowi Menang QC, Relawan Gelar Cukur Gratis di Tugu Proklamasi Relawan Jokowi menggelar kegiatan cukur gratis di Tugu Proklamasi, Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Keunggulan pasangan capres-cawapres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dalam hasil pilpres versi hitung cepat (quick count) di mayoritas lembaga survei dirayakan secara unik oleh para pendukungnya. Relawan Jokowi mengadakan aksi cukur gratis di daerah Menteng.

Kegiatan ini dilakukan oleh Koalisi Relawan Putih Bersatu tepat di depan Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2019). Salah satu relawan mengatakan kegiatan cukur gratis merupakan bentuk syukuran sederhana.

"Ini sebenarnya acara syukuran sederhana atas kepercayaan masyarakat Indonesia masih memilih Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin untuk menjadi capres-wapres 2019-2024 versi quick count 12 lembaga survei. Salah satu cara sederhana untuk mensyukuri selain doa adalah dengan mencukur. Itu bisa diartikan sebagai simbol tanda syukur selamat yang paling murah," ujar Hasnil Fajri, koordinator aksi itu.


Hasnil menyebut aksi syukuran ini dilakukan secara sederhana karena mengikuti arahan Jokowi dan TKN untuk tidak melakukan perayaan secara berlebihan sebelum KPU menetapkan hasil real count pada 22 Mei mendatang.

"Jadi sambil menunggu ketetapan KPU, kita bersyukur bahwa Jokowi-Amin memenangkan kontestasi Pilpres 2019 versi quick count 12 lembaga survei. Mungkin kubu sebelah mendeklarasikan dirinya sendiri, kita nggak, kita masih menghargai penetapan KPU yang berhak menetapkan, 22 Mei 2019. Ini syukur atas kemenangan di quick count," ujarnya.

Selain aksi cukur gratis ini, Koalisi Relawan Putih Bersatu juga membentangkan kain putih sepanjang 50 meter untuk ditandatangani oleh para relawan maupun pendukung Jokowi- Ma'ruf Amin yang ingin mengucapkan selamat kepada paslon 01 tersebut.


Hasnil berujar rencananya kain tersebut akan diberikan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin melalui TKN.

"Jadi, setelah semua lengkap, penuh, ini kain yg sudah ada ucapan selamat dari relawan, masyarakat, kita akan berikan kepada TKN, mungkin memberitahukan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin via TKN," sebut dia.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed