DetikNews
Minggu 21 April 2019, 17:31 WIB

Jalur Darurat Penyelamat Bus yang Alami Rem Blong di Puncak

Mei Amelia R - detikNews
Jalur Darurat Penyelamat Bus yang Alami Rem Blong di Puncak Foto: dok. Istimewa
Bogor - Sebuah bus penumpang mengalami kecelakaan akibat rem blong di turunan Puncak kawasan Selarong, Kabupaten Bogor. Para korban selamat karena bus ditabrakkan ke jalur pengereman darurat yang ada di sekitar lokasi.

"Iya, itu ada tanjakan darurat penyelamat," kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading kepada detikcom, Minggu (21/4/2019).

Jalur pengereman darurat itu adalah jalur khusus yang sengaja dibuat di sisi kanan atau kiri jalan dengan posisi kemiringan yang berlawanan dengan posisi tanjakan dan dilengkapi dengan lapisan pasir atau material lainnya.

Jalur ini punya fungsi memperlambat laju kendaraan yang melesat karena gagal melakukan pengereman saat menanjak atau menurun. Kendaraan yang punya masalah pengereman pada saat menanjak atau menurun bisa mengarahkan kendaraannya ke jalur darurat ini sehingga bisa berhenti dengan lebih aman.

"Fungsinya untuk antisipasi kendaraan yang rem blong. Dibuat berpasir dan gelombang serta nanjak dipagari beton," kata Dicky.



Jalur darurat dilengkapi material seperti pasir dan ban untuk mengurangi impact.Jalur darurat dilengkapi pasir dan ban untuk mengurangi impact. (Foto: dok. Istimewa)

Hal senada diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli. Fadli mengatakan jalur penyelamat itu dibuat atas inisiatif Satlantas Polres Bogor untuk mengantisipasi fatalitas kecelakaan akibat rem blong.

"Daerah tersebut jarang terjadi kecelakaan, tapi karena konturnya menurun cukup panjang dan berujung di Selangor, kita buat jalur tersebut untuk langkah antisipasi dan alhamdulillah bermanfaat walaupun kita tidak menginginkan adanya laka lantas," jelas Fadli.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB tadi. Bus berpelat nomor B-7572-YZ itu merupakan bus penumpang berisi 25 orang (sebelumnya polisi menyebut 40 orang).

Sopir kemudian mengarahkan mobil tersebut ke jalur darurat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya enam orang, termasuk sopir, yang mengalami luka-luka.




(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed