detikNews
Minggu 21 April 2019, 10:56 WIB

Petugas KPPS di Tangsel Meninggal karena Kelelahan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Petugas KPPS di Tangsel Meninggal karena Kelelahan Foto: Ilustrasi pemilu (Andhika Prasetia/detikcom)
Serang - KPU Banten saat ini sedang melakukan pendataan terkait laporan petugas Pemilu yang meninggal dan sakit selama bertugas. Laporan sementara, ada 1 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Tangerang Selatan yang meninggal setelah penghitungan surat suara.

Komisioner KPU Banten Eka Setialaksmana mengatakan, 1 KPPS di Tangsel meninggal akibat kelelahan. Petugas meninggal pada 18 April 2019 sekitar pukul 16.00 WIB. Waktu itu, petugas melaksanakan penghitungan sampai pukul 12.00 WIB di tanggal yang sama.


"Itu meninggal karena kelelahan karena proses penghitungan suara sampai pukul 12.00 siang setelah hari pencoblosan," kata Eka kepada wartawan di Kota Serang, Banten, Minggu (21/4/2019).

Di daerah lain, ada juga 1 petugas KPPS di Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan 1 petugas PPK Kota Serang yang dirawat di rumah sakit akibat kelelahan. KPU Banten telah memberikan imbauan kepada KPU terdekat untuk melakukan kunjungan dan memberi motivasi kepada keluarga.


Pihaknya sendiri, lanjut Eka diminta untuk mendata setiap petugas Pemilu baik yang sakit dan meninggal dunia karena tugas. "Kita sudah mendapatkan instruksi KPU RI untuk mendata baik yang meninggal dan sakit. Kebijakan terkait uang duka atau kompensasi lainnya masih menunggu keputusan," ujarnya.

Selain empat daerah tadi, pihak KPU Banten juga masih menunggu data petugas di daerah lain yang gugur dalam tugas dan yang sakit.


Simak Juga "Keluh Kesah Petugas KPPS Jalani Proses Pemilu 2019":

[Gambas:Video 20detik]


(bri/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed