DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 15:51 WIB

Komisioner Ada Hubungan Keluarga dengan Tim BPN, Ini Kata Ketua KPU

Zunita Putri - detikNews
Komisioner Ada Hubungan Keluarga dengan Tim BPN, Ini Kata Ketua KPU Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra membenarkan dirinya memiliki hubungan keluarga dengan tim komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Yuga Aden. Ketua KPU Arief Budiman mengaku sudah lama mengetahui itu.

"Memang Itu abangnya. Abangnya dia, Ilham sudah cerita sama kami, sudah di-declare bahwa iya (abangnya)," ujar Arief di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Arief mengaku percaya pada kapasitas Ilham selama bekerja di KPU. Dia meyakini Ilham tidak akan berbuat seperti tuduhan berita yang beredar di media sosial.
"Dan kami percaya Ilham itu bukan baru kali ini musim pemilu sejak 1999, bersama saya, saya tahu betul dia sosok yang punya integritas," katanya.

"Nggak mungkin kami bisa sampai dengan posisi seperti sekarang ini, kalau kami nggak punya integritas," imbuhnya.

Sebelumnya, beredar foto di media sosial tentang adanya hubungan keluarga antara komisoner KPU, Ilham Saputra, dan tim komunikasi BPN, Yuga Aden. Ilham pun membenarkan kabar hubungan keluarga dengan Yuga.

"Ini emak gue, emang emak gue, ya kalau adik-kakak gimana? Abang gue profesional, gue profesional," kata Ilham, yang juga komisioner KPU, saat dimintai konfirmasi di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

"Udah jelas itu nggak usah ditutupinlah, gue udah declare juga ke komisioner kok, kecuali abang gue 'calon', itu lain perkara, kan sama-sama profesional," lanjutnya.

Kabar ini bermula karena viral di media sosial yang menampilkan foto komisioner KPU Ilham Saputra yang berfoto dengan ibunya. Foto Ilham itu disandingkan dengan foto anggota tim komunikasi BPN, Yuga Aden, yang juga berfoto dengan ibunya. Terlihat di foto itu ibu mereka sama. Dari foto ini, netizen menduga ada kecurangan di KPU karena salah satu dari mereka mempunyai hubungan keluarga dengan salah satu tim paslon lain.

"Potensi situs KPU Indonesia diretas Ilham Aden, bekerja di KPU Indonesia. Yuga Aden adalah adik dari Ilham Aden dan anggota BPN," tulis foto viral itu.


Saksikan juga video 'Bukan Curang, Mungkin Ini Penyebab Salah Entri Data KPU':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed