DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 08:54 WIB

Cegah Kasus Terjepit, Ini Do's and Don'ts Saat di Eskalator

Mei Amelia R - detikNews
Cegah Kasus Terjepit, Ini Dos and Donts Saat di Eskalator Foto: Eskalator (Selfie Miftahul Jannah)
Jakarta - Kasus terjepitnya seorang bocah di eskalator di Baywalk Mall-Pluit menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Orang tua agar lebih berhati-hati mengawasi anak ketika berada di atas tangga eskalator.

"Kasus seperti ini bisa terjadi di manapun, bukan hanya di Baywal Mall-Pluit, agar pengunjung lebih berhati-hati saat di eskalator," ujar Assisten General Manager Public Relations Baywalk Mall-Pluit Priscilla Moningka Sabtu (20/4/2019).

Orang tua diimbau untuk menjaga anaknya saat berada di mall terutama ketika naik atau turun dari eskalator. Orang tua wajib memegang tangan anak-anak saat menggunakan eskalator.

"Kepada pengunjung setia Baywalk Mall-Pluit untuk mematuhi aturan standar saat menaiki eskalator seperti berdiri dengan memegang handrail eskalator. Serta diharapkan agar orang tua mengawasi anak-anak saat berada di eskalator demi keselamatan bersama," tuturnya.


Kejadian ini menjadi viral di media sosial setelah seseorang merekam insiden yang terjadi Kamis (18/4) di Baywalk Mall-Pluit. Seorang bocah bersama ibunya turun dari lantai 2 ke lantai 1 menggunakan eskalator.

Saat di atas eskalator, anak tersebut duduk pada pijakan eskalator. Sedangkan ibunya berdiri dengan kondisi tangan kanan-kirinya membawa barang bawaan dan otopet.

Ketika berada di ujung, bocah hendak terguling dan berusaha menahan tubuhnya dengan tangan. Kecelakaan puntak terelakkan, tangannya terjepit dan sang ibu tidak sempat menolong anaknya.


Petugas Baywalk Mall-Pluit kemudian melakukan penyelamatan. Korban saat ini masih dirawat di RS Pluit dan kondisinya sudah membaik.

Untuk menghindari kejadian tersebut, berikut hal-hal yang harus diperhatikan tentang apa uang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di atas eskalator seperti disampaikan oleh Assisten General Manager Public Relations Baywalk Mall-Pluit Priscilla Moningka.

1. Berdiri dan pegangan pada handrail.
2. Jangan main-main dan loncat-loncat ketika ada di atas sekalator.
3. Jangan bermain handphone, sebab ketika eskalator berhenti Anda harus berpegang pada handrail agar tidak kehilangan keseimbangan.
4. Awasi anak-anak dan pegang tangannya ketika berada di atas eskalator.
5. Ketika menggunakan stroller, angkat dan gendong bayi atau pegang tangan anak saat naik eskalator. Pegang stroller dengan baik.
(mei/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed