DetikNews
Jumat 19 April 2019, 20:19 WIB

Begini Perjuangan TNI-Polri Kawal Logistik Pemilu di Medan Berat

Mei Amelia R - detikNews
Begini Perjuangan TNI-Polri Kawal Logistik Pemilu di Medan Berat Foto: dok.istimewa
Palangkaraya - Penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu 2019 telah berjalan dengan aman dan kondusif. Tetapi, di balik itu semua ada perjuangan TNI-Polri yang mendistribusikan logistik agar pemilu berjalan lancar.

Medan berat harus dilalui aparat, seperti salah satunya di Provinsi Kalimantan Tengah. Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Rikwanto mengungkap tidak sedikit medan berat yang harus dilalui oleh aparat dalam mengawal pendistribusian kotak dan surat suara.

"Medan berat banyak sekali, terkadang ke tempat pemungutan suara (TPS) bisa dua hari baru sampai," kata Brigjen Rikwanto kepada detikcom, Jumat (19/4/2019).

Seperti misalnya di Desa Sei Pudak, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, petugas harus menempuh jalan setapak untuk mengirim logistik. Petugas memikul kotak dan surat suara sambil berjalan kaki menyusuri perkebunan.


Petugas harus tidur dulu di jalan karena medannya sangat jauh.Petugas harus tidur dulu di jalan karena medannya sangat jauh. Foto: dok.istimewa


"Terkadang petugas harus 'menginap' di jalan karena sudah larut dan medannya tidak memungkinkan untuk dilalui pada malam hari," tuturnya.

Di wilayah Kotawaringin Timur, petugas harus menepi sejenak karena hujan lebat. Sebagian besar TPS di wilayah Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah harus ditempuh menggunakan perahu. Petugas bahkan sempat terjebak riam sehingga petugas harus bahu membahu menggeser logistik.

Di Kabupaten Barito Timur, petugas terkendala karena jalanan berlumpur. Motor yang digunakan untuk mengawal pendistribusian logistik terjebak lumpur sehingga harus dituntun.

Beberapa TPS harus dicapai menggunakan perahu.Beberapa TPS harus dicapai menggunakan perahu. Foto: dok.istimewa



(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed