DetikNews
Jumat 19 April 2019, 11:10 WIB

Kirim Pemantau ke RI, OKI Apresiasi Pemilu 2019 Sukses

Tim detikcom - detikNews
Kirim Pemantau ke RI, OKI Apresiasi Pemilu 2019 Sukses Foto: Penghitungn suara di TPSLN Islamabad Pakistan (Dok KBRI Islamabad)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Organisasi Kerjasama Islam (OKI atau OIC) memberi apresiasi kepada Indonesia yang sukses menggelar Pemilu 2019. OKI sempat mengirimkan Misi Pemantauan Pemilihan (Election Observation Mission atau EOM) untuk melihat langsung proses pemilu yang berjalan.

Hasil pemantauan yang dilakukan, OKI menilai Pemilu 2019 terselenggara secara terbuka, damai, dan tertib. Penyelenggaraan Pemilu 2019 pun disebut OKI sesuai dengan norma-norma internasional.


"OIC EOM memantau pemilihan di Jakarta dan sekitarnya yang diadakan pada tanggal 17 April 2019 dan mencatat dengan puas bahwa pemilihan dilakukan secara terbuka, damai dan tertib sesuai dengan hukum pemilu Indonesia serta dengan norma-norma yang diterima secara internasional," demikian pernyataan OKI seperti dilihat dari situs resminya, Jumat (19/4/2019).

Sekretaris Jenderal OKI, HE Dr Yousef Al-Othaimeen pun memberi selamat kepada rakyat dan pemerintah Indonesia atas keberhasilan pelaksanaan pemilu. Yousef juga memuji kedewasaan dan tanggung jawab besar yang ditunjukkan rakyat Indonesia lewat Pemilu ini.


OKI yakin keberhasilan Pemilu 2019 akan memperkuat kondisi Indonesia.

"OKI sepenuhnya yakin bahwa keberhasilan Pemilihan Umum 2019 akan berkontribusi lebih lanjut untuk memperkuat praktik-praktik dan lembaga-lembaga demokratis untuk pembangunan dan kemakmuran negara dan rakyatnya," demikian keterangan OKI.


Simak Juga 'Membedah Proses Pemilu 2019 dari Kacamata KPU hingga Perludem':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fdn)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed