DetikNews
Kamis 18 April 2019, 23:58 WIB

Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga di Marseille

Indra Komara - detikNews
Jokowi-Maruf Ungguli Prabowo-Sandiaga di Marseille Penghitungan suara Pemilu RI di Marseille, Prancis. (Foto: dok. KJRI Marseille)
Jakarta - Penghitungan suara Pemilu 2019 untuk WNI di Marseille, Prancis, sudah dilakukan. Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Dari hasil penghitungan suara, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin mendapatkan perolehan 372 suara (77,6 persen) dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga uno mendapatkan perolehan suara sebanyak 95 suara (19,8 persen). Adapun 12 surat suara dinyatakan tidak sah," demikian pernyataan yang diterima, Kamis (18/4/2019).



Penghitungan suara dilakukan pada 17 April pukul 10.00 hingga 24.00 waktu setempat. Penghitungan berlangsung di KJRI Marseille oleh PPLN Marseille dan KPPSLN Pos Marseille dengan disaksikan tiga orang saksi peserta pemilu.

Terdapat dua metode pemungutan suara di wilayah kerja PPLN Marseille, yakni melalui TPS dan pos. Pemilih yang datang dan memberikan suara sebanyak 86 orang dengan rincian 70 orang terdaftar sebagai DPTLN, 6 orang DPTbLN, dan 10 orang masuk dalam DPK. Selain itu, sebanyak 393 surat suara dikirimkan melalui pos.



Sedangkan dari hasil penghitungan suara pemilihan DPR RI, PDIP meraih perolehan suara terbanyak dengan jumlah suara mencapai 124 surat suara. PSI berada di posisi kedua dengan perolehan 118 suara.

Sementara itu, partai-partai lainnya tidak ada yang mencapai perolehan suara lebih dari 10 persen. Dari 461 suara yang dihitung, surat suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 50 surat suara.
(idn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed