detikNews
Kamis 18 April 2019, 19:10 WIB

Kamis Putih, Jumat Agung, Paskah, dan Maknanya Bagi Umat Kristiani

Tim detikcom - detikNews
Kamis Putih, Jumat Agung, Paskah, dan Maknanya Bagi Umat Kristiani Kamis Putih, Jumat Agung, Paskah, dan Maknanya Bagi Umat Kristiani /Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Jakarta - Jumat Agung merupakan Hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Hari itu merupakan hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus.

Jumat Agung juga adalah salah satu dari hari Tri Suci. Hari Tri Suci merupakan rangkaian akhir dari Paskah yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Misa Kebangkitan Yesus yang kerap dikenal dengan sebutan Malam Paskah. Ketiga hari ini merupakan hari-hari penting saat menjelang Hari Paskah.

Tri Hari Suci ini merupakan ibadah bagi umat Kristiani, khususnya Khatolik, dalam peringatan kematian hingga kebangkitan Yesus.

Lalu apa artinya Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah?


Kamis Putih adalah Awal Tri Hari Suci yang juga merupakan peringatan perjamuan malam terakhir Yesus bersama kedua belas rasulnya. Peringatan ini ditandai dengan upacara pembasuhan kaki sebagai ajaran untuk melayani.

Jumat Agung merupakan peringatan untuk mengenang peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Peringatan ini biasanya diwarnai ibadat jalan salib.

Sabtu Suci biasa juga disebut Malam Paskah. Momen ini untuk memperingati kebangkitan Yesus setelah tiga hari wafat. Simbolnya adalah upacara cahaya menggunakan lilin. Terakhir, Minggu Paskah yang merupakan perayaan kebangkitan Yesus.



Lalu apa makna Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah?

Sebagai pemimpin Yesus mengajarkan bahwa seorang yang berada di posisi atas bukanlah pihak yang dilayani, melainkan pihak yang harus melayani. Selain itu ada nilai yang bisa diteladani, seperti belajar pelayanan, kerendahan hati, berdoa dan mengasihi musuh, serta menyadari jika nafsu duniawi akan membawa kepada maut.

Selamat Paskah!
(nwy/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed