DetikNews
Kamis 18 April 2019, 13:33 WIB

Menag Siapkan Pelayanan untuk Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

Ray Jordan - detikNews
Menag Siapkan Pelayanan untuk Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Menag Lukman Hakim Syaifuddin (Rahmatia Miralena/detikcom)
Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud memberikan tambahan 10 ribu kuota haji untuk Indonesia. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin siap total melakukan persiapan menyambut penambahan kuota tersebut.

"Dalam ratas saya menyampaikan bahwa pada dasarnya kami di Kemenag akan all out merealisasikan penyiapan pengadaan fasilitas, pelayanan dan segala sesuatunya untuk tambahan 10 ribu jamaah kita," kata Lukman usai rapat terbatas dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Kuota ini disampaikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi. Lukman mengatakan, dengan penambahan kuota ini maka akan berdampak pada penambahan anggaran haji. Tak hanya itu, jumlah petugas haji juga akan bertambah.

"Tidak hanya untuk jamaah itu sendiri, tapi juga penambahan petugas. Karena itu adanya penambahan jamaah kloternya akan bertambah dan tentu petugas-petugas kloter itu pun juga akan bertambah. Jadi ini yang nanti sebagian akan didapatkan dari BPKH, sebagian juga dari efisiensi yang dilakukan Kemenag. Dan terakhir dari APBN kita khususnya untuk membiayai petugas-petugas kita," jelas Lukman.

Dikatakan Lukman, penambahan anggaran tersebut saat ini sedang dikaji besarannya. Sebagian dananya ditalangi oleh BPKH dan sebagian lagi dari Kementerian Agama.

"Dan sisanya nanti sumbernya dari APBN yang nilai pastinya akan kita rapatkan bersama komisi 8 DPR RI. Mudah-mudahan Selasa minggu depan jadi konkretnya angka-angka yang muncul, baru saatnya ketika rapat kerja bersama," kata Lukman.


Saksikan juga video 'Sudah Tambah 10 Ribu, Jokowi Incar 250 Ribu Kuota Haji':

[Gambas:Video 20detik]


(fay/fay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed