DetikNews
Kamis 18 April 2019, 12:11 WIB

Bawaslu Bekasi Temukan 4 Surat Suara Pilpres Sudah Tercoblos

Isal Mawardi - detikNews
Bawaslu Bekasi Temukan 4 Surat Suara Pilpres Sudah Tercoblos Foto: Ketua Bawaslu Kota Bekasi Tommy Suswanto (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Bawaslu Kota Bekasi menemukan sejumlah surat suara sudah tercoblos pada saat pelaksanaan pencoblosan, Rabu (17/4) kemarin. Total ada 4 surat suara presiden yang sudah tercoblos.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi Tommy Suswanto mengatakan surat suara yang tercoblos itu ditemukan di beberapa tempat pemungutan suara (TPS). Tiga surat suara tercoblos untuk paslon 01 dan 1 surat suara lainnya tercoblos untuk paslon 02.

"TPS 121 Jatirahayu Kecamatan Pondok Melati tercoblos 01, TPS 32 Jatiluhur Kecamatan Jatiasih tercoblos 01, TPS 50 Jatiluhur Kecamatan Jatiasih tercoblos 01, TPS 61 Jatibening Baru Kecamatan Pondok Gede tercoblos 02," ujar Tommy Suswanto di kantor Pemkot Bekasi, Jalan Ahmar Yani, Kota Bekasi, Kamis (18/4/2019).


Tommy mengatakan temuan surat suara tersebut rusak dalam bentuk lubang, seperti tercoblos. Tommy menduga lubang di surat suara terbentuk akibat adanya pasir di gudang penyimpanan.

Tommy mengkategorikan keempatnya sebagai surat suara rusak.

"Itu surat suara rusak, dibuktikan pengawas kami membuka surat suara lainnya. Surat suara lain tidak didapati (tercoblos), kami kategorikan surat suara rusak," ujar Tommy.

Petugas KPPS di TPS-TPS tersebut menyatakan surat suara tersebut tidak sah. Surat suara itu kemudian diamankan oleh petugas KPP setempat.


Saksikan juga video 'BPN Sebut Ada Surat Suara Tercoblos 01 di Sejumlah TPS':

[Gambas:Video 20detik]


(mea/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed