DetikNews
Rabu 17 April 2019, 17:23 WIB

Sapa Pendukung Tanpa Sandiaga, Prabowo Klaim Menang di Pilpres 2019

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sapa Pendukung Tanpa Sandiaga, Prabowo Klaim Menang di Pilpres 2019 Prabowo menggelar jumpa pers tanpa didampingi Sandiaga Uno. (Marlinda Oktavia/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto mengklaim ia dan cawapres Sandiaga Uno memenangi Pilpres 2019 versi quick count mereka. Ia menuding ada upaya-upaya kecurangan hingga adanya penggiringan opini kekalahannya.

"Saya bicara setelah mengikuti perkembangan penghitungan suara dari tadi, kita prihatin dari tadi malam banyak kejadian yang merugikan pendukung 02. Banyak surat suara yang tidak sampai, banyak TPS buka jam 11.00, banyak pendukung kita tidak dapat undangan dan sebagainya. Belum lagi yang ditemukan surat suara dicoblos 01," ujar Prabowo di depan kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Eks Danjen Kopassus itu mengklaim kubu pasangan 02 menang di Pilpres 2019. Selain itu, Prabowo menuding ada upaya dari lembaga-lembaga survei yang merilis hasil quick count.


"Walau demikian, hasil exit poll kita di 5 ribu TPS kita menang. Dan hasil quick count kita menang 52,2 persen," tegasnya.

"Semua relawan untuk mengawal kemenangan kita di seluruh TPS dan kelurahan. Saya tegaskan di sini, ada upaya dari berbagai survei tertentu untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah," imbuh Prabowo.

Saat jumpa pers, Prabowo tidak didampingi pasangannya, Sandiaga Uno. Namun ia didampingi timses dan Koalisi Adil dan Makmur, salah satunya Presiden PKS Sohibul Iman.

Prabowo pun meminta para pendukung menjaga TPS-TPS. Ia juga memerintahkan pendukung tidak melakukan tindakan anarkistis.

"Saudara sekalian jangan terpancing, awasi TPS, amankan C1 dan jaga di kecamatan jangan lengah. Saya imbau pendukung saya semua agar tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk tidak lakukan tindakan anarkis," sebutnya.


"Saya mengimbau pendukung-pendukung saya untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis," imbuh Prabowo.

Ketum Gerindra itu pun menuding ada upaya kebohongan melalui hasil quick count yang mayoritas memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu. Prabowo sekali lagi meminta pendukungnya menjaga hasil penghitungan suara di tiap TPS.

"Tetap kawal kotak suara karena itu adalah kunci kemenangan kita agar kebohongan yang dilakukan bisa dilawan. Saya tegaskan tidak terprovokasi dan menghindari seluruh tindakan berlebihan, di luar hukum, dan kekerasan apa pun. Silakan jaga TPS," tutupnya.



Tonton video Kubu Prabowo Minta Relawan Tak Terprovokasi Hasil Quick Count:

[Gambas:Video 20detik]

Sapa Pendukung Tanpa Sandiaga, Prabowo Klaim Menang di Pilpres 2019

(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed