detikNews
Rabu 17 April 2019, 14:47 WIB

Bawaslu Gianyar Telusuri Surat Desa soal Wajib Menangkan PDIP

Aditya Mardiastuti - detikNews
Bawaslu Gianyar Telusuri Surat Desa soal Wajib Menangkan PDIP Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Denpasar - Bawaslu Kabupaten Gianyar kembali menerima informasi soal adanya surat dari desa untuk menyukseskan pasangan capres-cawapres hingga para caleg dari PDI Perjuangan di Gianyar, Bali. Dalam surat yang beredar di WhatsApp tertuang juga sanksi jika melanggar kesepakatan dikenakan denda Rp 7,5 juta.

Surat yang beredar itu tertulis Desa Pakraman Badung, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Surat tertanggal 4 April 2019 itu berisikan kesepakatan untuk 'Mendukung, Mensukseskan, Dan Memenangkan Satu Jalur Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pilpres/Wapres Dan Pemilu Legislatif 2019'.

Surat itu ditandatangani oleh Prajuru Desa Pakraman Badung seperti Kelian Adat, Bendesa dan Kelian Dinas. Dalam surat itu juga tertuang sanksi apabila melanggar kesepakatan/keputusan dikenakan sanksi adat/peturunan pembangunan sebesar Rp 7,5 juta.





Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar I Wayan Hartawan mengaku sudah menerima informasi tersebut. Dia mengatakan surat itu beredar melalui WhatsApp.

"Lewat WA tapi surat aslinya belum kita temukan," kata Artawan ketika dimintai konfirmasi, Rabu (17/4/2019).

Artawan menambahkan pihaknya segera memanggil nama-nama prajuru desa yang tertera dalam surat tersebut. Dia segera meminta konfirmasi terkait surat yang beredar tersebut.

"Sedang kita tanya ke tokoh-tokoh setempat untuk memastikan kebenaran surat tersebut. Setidaknya pihak prajuru setempat," terang Artawan.


Saksikan juga video 'Pengalaman Tina Toon Selama Kampanye Hingga Diganggu Oknum':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fdn)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com