DetikNews
Rabu 17 April 2019, 02:53 WIB

Yusril Minta Kader PBB Kawal Terus Suara dan Tak Terpengaruh Quick Count

Arief Ikhsanudin - detikNews
Yusril Minta Kader PBB Kawal Terus Suara dan Tak Terpengaruh Quick Count Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra meminta kadernya mengawasi penghitungan suara. Selain itu, mereka tidak boleh terlalu percaya kepada hitung cepat sehingga mengendurkan pengawasan.

"Selama proses pencoblosan sampai penghitungan akhir hasil pemilu, lakukan pengawasan yang saksama. Kumpulkan semua data sehingga menjadi bukti yang akurat. Jangan sampai terjadi kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu," ucap Yusril dalam keterangannya, Rabu (17/4/2019).

"Jangan mudah terpengaruh oleh hasil penghitungan cepat atau quick count yang diumumkan melalui media. Quick count berpotensi membuat kita patah semangat, lalu lalai dan tidak lagi melakukan pengawasan," ujarnya.



Mereka harus terus mengawasi proses penghitungan dari TPS sampai rekapitulasi di KPU, sehingga tidak ada kecurangan atau manipulasi data perolehan suara.

"Hasil quick count berpotensi dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan. Apa pun hasil quick count, jangan membuat para caleg dan aktivis PBB terpengaruh," ucap Yusril.

Yusril menyebut hasil penghitungan resmi berasal dari KPU. Jangan sampai hasil resmi hanya menjadi pendukung, bahkan mengikuti hitung cepat.

"Hasil akhir pemilu adalah hasil yang secara resmi diumumkan KPU. Jangan sampai hasil akhir pemilu justru hanya mengikuti dan melegitimasi hasil quick count," ucap Yusril.


Saksikan juga video 'Jangan Asal, Begini Tata Cara Mencoblos yang Sah!':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed