DetikNews
2019/04/16 19:49:32 WIB

Istana: Pangeran MBS yang Eksekusi Tambahan 10 Ribu Jemaah Haji RI

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Istana: Pangeran MBS yang Eksekusi Tambahan 10 Ribu Jemaah Haji RI Momen Jokowi bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman (Pangeran MBS) (Foto: dok. BPMI)
Jakarta - Indonesia mendapatkan tambahan kuota 10 ribu jemaah haji dari Arab Saudi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan hal tersebut merupakan peran putra mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS).

"Saat Bapak Presiden minta, mohon, kepada Raja tentang alokasi penambahan haji, waktu itu Raja mengatakan, 'Pak Presiden, saya harus mementingkan Islam seluruh dunia'. Begitu dinner dengan Putra Mahkota, langsung beliau memberi eksekusi. Jadi selama ini yang saya dengar, eksekutornya di Putra Mahkota," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).


Lobi tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dan MBS di Riyadh. Moeldoko menambahkan, MBS juga berbicara proyeksi kuota haji pada 2020 dan 2030.

"Beliau juga membicarakan kemungkinan investasi di Indonesia dan sampaikan ke Pak Jokowi nanti tahun 2020 proyeksi kami akan mendatangkan 20 juta haji. 2030 mereka, beliau memproyeksikan 30 juta haji. Itu yang saya dengar. Langsung Pak Jokowi masuk. Putra Mahkota, tolong kami untuk jadi prioritas," kata Moeldoko.


Moeldoko juga mengatakan pertemuan Jokowi dengan Raja Salman dan MBS berlangsung akrab. MBS, kata Moeldoko, juga menyampaikan peluang adanya ajang Formula 1 di Indonesia.

"Kan Pak Presiden selalu berbicara investasi yang dilakukan Indonesia seperti apa. Akhirnya beliau tertarik dengan migas, tentang pariwisata, dengan, bisa nggak Indonesia dibikin Formula 1. Putra Mahkota berpikirnya ke sana. Sangat-sangat akrab," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed