DetikNews
Selasa 16 April 2019, 18:31 WIB

Masih Ada Caleg Belum Setor LHKPN, Ketua KPK Minta Pemilih Cek Rekam Jejak

Ibnu Hariyanto - detikNews
Masih Ada Caleg Belum Setor LHKPN, Ketua KPK Minta Pemilih Cek Rekam Jejak Agus Rahardjo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo mengingatkan pentingnya melihat rekam jejak para calon anggota legislatif (caleg) sebelum memilih. Agus mengatakan hal itu dilakukan agar wakil rakyat yang terpilih nanti jujur dan bisa dipercaya.

"Harapan kita seperti di agama kan mendapatkan pemimpin yang sidiq, tabligh, amanah, fathonah. Itu harus memenuhi kriteria jujur, bisa dipercaya, kemudian terbuka menyampaikan sesuatu dan cerdas juga. Oleh karena itu, ajaran agama lain juga begitu," ujar Agus Rahardjo saat diskusi 'Pilih yang Bersih, Cek Rekam Jejak' di kantor MMD Initiative, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).



Agus pun meminta masyarakat memilih caleg yang jujur dan bisa dipercaya. Agus kemudian menyinggung caleg-caleg yang belum menyetorkan LHKPN.

"Tidak ada yang disembunyikan juga itu penting. Itu tadi, pentingnya penyampaian LHKPN, kalau LHKPN-nya disembunyikan gimana coba, jadi ini terutama bagi incumbent ya. Incumbent yang tidak melapor itu sudah menyembunyikan sesuatu, itu nggak boleh," sebutnya.



Selain itu, menurut Agus, KPK sudah merilis caleg-caleg mantan narapidana korupsi. Hal itu juga bisa menjadi acuan pemilih. Agus berharap masyarakat bisa memiliki wakil rakyat yang benar-benar jujur dan dapat dipercaya.

"KPK sudah mengumumkan siapa yang pernah jadi narapidana korupsi, itu juga jadi acuan kita. Nah adik-adik semua juga memahami bagaimana terkait rekam jejak," kata Agus.

"Jadi harapan kita, di pemilu itu mudah-mudahan insyaallah kita bisa memiliki pemimpin yang bisa bawa rakyat ke kesejahteraan," sambungnya.


Simak Juga 'Dear Milenial, KPK Ajak Pilih Caleg Jujur dan Tolak Politik Uang':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed