DetikNews
Selasa 16 April 2019, 17:48 WIB

KPU Lebak Musnahkan 16.275 Surat Suara Rusak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
KPU Lebak Musnahkan 16.275 Surat Suara Rusak KPU Lebak memusnahkan surat suara rusak (Bahtiar Rifai/detikcom)
Lebak - Sebanyak 16.275 surat suara rusak di KPU Kabupaten Lebak dimusnahkan dengan cara dipotong-potong. Pemusnahan disaksikan jajaran pemda dan Muspida setempat di Rangkasbitung.

"Surat suara yang rusak kita musnahkan dengan cara dipotong-potong," kata Ketua KPU Lebak Nikmatullah kepada wartawan di Lebak, Banten, Selasa (16/4/2019).


Nikmatullah mengatakan KPU Lebak mendapatkan 5 juta lebih surat suara untuk seluruh TPS di Lebak. Di daerah ini ada 987.511 nama dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

Ia menambahkan, sejauh ini KPU Lebak sudah mendistribusikan seluruh surat suara ke tingkat PPS, termasuk ke kawasan terpencil di Kecamatan Leuwidamar, tempat tinggal suku adat Baduy.

Sampai sore ini, akibat hujan, ada laporan belasan kota suara rusak. Paling banyak terdapat di Kecamatan Cimarga sebanyak sembilan kotak suara. Sisanya tersebar di berbagai kecamatan.


Jumlah tersebut, menurutnya, sedikit dan tidak mengganggu jalannya pemilihan pada esok hari. KPU juga sudah menyiapkan kotak suara pengganti yang akan didistribusikan jika ada yang rusak.

"Ada yang satu TPS satu kotak suara rusak karena hujan, ada yang dua. Tapi sudah kita ganti semuanya," ujarnya.


Simak Juga 'Jangan Asal, Begini Tata Cara Mencoblos yang Sah!':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed