DetikNews
Selasa 16 April 2019, 03:14 WIB

Amankan Pemilu di NTB, Korem 162/WB Kerahkan 4.399 Personel

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Amankan Pemilu di NTB, Korem 162/WB Kerahkan 4.399 Personel Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani (Foto: dok. Istimewa)
Lombok - Pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Korem 162/WB akan mengerahkan 3.399 personelnya untuk mengamankan Pemilu 2019 di NTB.

"Jumlah personel TNI yang disiapkan sebanyak 3.399 orang," ujar Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2019).


[Gambas:Video 20detik]


Tak hanya itu, pihaknya juga akan memperbantukan 1.000 anggota Yonzipur yang sedang melaksanakan Satgas Terpadu Rehab Rekon pascagempa sebagai tambahan. Khusus untuk Yonzipur ini sebagai cadangan dan apabila ada kontingensi mereka sudah siap untuk digerakkan.

"Kami akan upayakan 1 TPS 1 orang. Namun, apabila kurang, tekniknya akan mobile sehingga semuanya akan termonitor dengan baik," katanya.

Lakukan Patroli Malam

Jelang pencoblosan ini, Korem 162/WB bersama Polda NTB juga bersama-sama melakukan patroli gabungan. Patroli gabungan itu untuk memantau keamanan logistik.

"Patroli gabungan dalam rangka meyakinkan bahwa logistik pemilu sampai ke tingkat desa dan kelurahan dengan mengambil sampel Kelurahan Taliwang dan Cakra Timur menjadi sasaran patroli," ujar Rizal.

Patroli dilakukan dengan titik start di Masjid Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Mataram. Rizal mengatakan, setelah dilakukan pengecekan langsung, dipastikan semua logistik pemilu sudah lengkap.

"Baik perlengkapan sampai bilik suara sudah ada, artinya sudah ada kepastian pelaksanaan pileg dan pilpres berjalan aman, lancar, tertib, dan jujur," katanya.



Rizal mengungkapkan, sebelum melakukan patroli gabungan, pihaknya juga telah melakukan sidak gabungan bersama penyelenggara pemilu. Sidak digelar di gudang logistik KPU untuk memastikan kondisi surat suara.

"Kondisi kotak suara masih dalam keadaan mulus dan tersegel, utuh, dan tidak ada yang bolong. Adapun kelebihannya adalah surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari jumlah masyarakat," pungkas Rizal.


Saksikan juga video '38.000 Personel TNI-Polri Amankan Pemilu di Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/zap)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed