DetikNews
Senin 15 April 2019, 21:08 WIB

Polisi Tangkap Perampas HP Modus Beri Tumpangan di Terminal Pulogadung

Matius Alfons - detikNews
Polisi Tangkap Perampas HP Modus Beri Tumpangan di Terminal Pulogadung Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku perampasan ponsel yang beraksi di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Pelaku, Junaidi dan Hendra, berpura-pura memberikan tumpangan kepada korban.

"Telah terjadi tanggal 10 April di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, di sana ada pelapor yang kehilangan HP. HP itu dirampas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Argo menjelaskan para pelaku ini biasa beraksi di Terminal Pulogadung dengan mengincar korban yang baru turun dari bus. Para pelaku berpura-pura menawarkan tumpangan kepada korban yang terlihat kebingungan.

"Dalam tawarkan itu, pelaku juga nggak langsung menyerah ketika ditolak, tapi terus dipepet. Korban jalan ke mana dipepet terus, temannya ini juga ada. Nggak ngerubung sih, tapi ada," jelasnya.
Korban yang kebingungan ini kemudian digiring pelaku ke tempat yang sepi. Setelah sampai di lokasi sepi, salah satu pelaku akan menodongkan pisau dan meminta barang-barang korban.

"Perannya ada tiga orang ngajak ngobrol dan nawarin, dia menyorong dan mengarahkan korban untuk jalan ke tempat sepi. Setelah di tempat sepi, nanti dari teman lain yang di belakangnya akan todongkan sajam atau pisau langsung ke perut korban. Dia akan katakan 'serahkan HP atau tidak, dompet atau tidak'. Setelah diserahkan, mereka pergi," ungkapnya.

Bahkan para pelaku tidak akan segan melukai korban yang melawan. Para pelaku ini mengaku sudah puluhan kali melakukan aksinya dengan modus serupa.

"Menurut keterangan tersangka, ada beberapa korban yang nggak mau berikan HP dan dilukai pisau, lebih dari 20 kali melakukan," sebutnya.

Kedua pelaku melakukan aksinya bersama delapan pelaku lainnya yang masih DPO. Kedua pelaku dikenai Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.



(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed