DetikNews
Senin 15 April 2019, 19:48 WIB

Komunitas Muda Buddhis Ajak Generasi Muda Sukseskan Pemilu

Andhika Prasetia - detikNews
Komunitas Muda Buddhis Ajak Generasi Muda Sukseskan Pemilu Ilustrasi jari tercelup tinta usai mencoblos. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Komunitas Muda Buddhis Indonesia seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang guna menyukseskan Pemilu 2019. Sebab, Pemilu sebagai pesta demokrasi lima tahunan akan menentukan pemimpin bangsa.

"Kami Komunitas Muda Buddhis Indonesia merasa terpanggil untuk mensukseskan Pemilu 2019 dengan berpedoman pada Dasa Raja Dharma atau 10 sifat baik pemimpin yang telah diajarkan oleh Buddha Gautama," ujar Sekjen GEMABUDHI Karsono kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Menurut Karsono, di zaman modern seperti sekarang ini, peran seorang pemimpin menjadi lebih penting dan merupakan kunci suatu keberhasilan. Ia pun menjelaskan arti pemimpin menurut ajaran Buddha.


"Menurut ajaran Buddha, seorang pemimpin yang baik selaiknya memiliki sifat dermawan, bermoral, siap berkorban, berintegritas, bertanggungjawab, sederhana, tidak mudah marah atau membenci, jauh dari kekerasan, sabar dan tidak mencari permusuhan," kata Karsono.

Dalam onferensi pers itu Komunitas Muda Buddhis diwakili oleh Ketua Umum HIKMAHBUDHI, Ketua Umum DPP PATRIA Tedy Wijaya, Sekretaris Umum PP Sekber PMVBI Viria Chandra, Wasekjen GEMABUDHI Karsono, Ketua Umum Pemuda Tridharma Indonesia Andriana, Ketua Umum Institut Nagarjuna Isyanto dan Ketua Umum PERSADABUMI Rachmat Harsono.
(dkp/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed