DetikNews
2019/04/15 19:04:45 WIB

Round-Up

Ramai Marah-marah Basuki Saat Nyoblos di Luar Negeri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 3 dari 3
Ramai Marah-marah Basuki Saat Nyoblos di Luar Negeri Foto: Ahok (Youtube Panggil Saya BTP)


Pencoblosan di Osaka berlangsung pada 14 April 2019 kemarin. Ahok masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS Osaka, Jepang. PPLN Osaka lewat keterangan tertulis, Senin (15/4/2019), menjelaskan insiden tersebut.

"Bapak Basuki Tjahaja Purnama (BTP) merupakan pemilih yang terdaftar pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) Osaka dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) PPLN Osaka. Sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum Pusat, PPLN Osaka memberi kesempatan bagi pemilih yang terdaftar dalam DPTb 1 (satu) jam sebelum waktu pemungutan suara berakhir bersama dengan Pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)," bunyi keterangan PPLN Osaka.

PPLN Osaka mengatakan insiden Ahok marah-marah dipicu kesalahpahaman. Ahok awalnya antre di barisan pemilih, tapi keluar barisan karena meladeni permintaan foto dari sejumlah orang.


Singkat cerita, Ahok kembali ke antrean pemilih tapi sebagian orang mengira mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyerobot antrean. Para calon pemilih lalu meminta seorang saksi menegur Ahok. Selanjutnya, terjadilah dialog mengenai mekanisme antrean pemilih.

"Ketua PPLN Osaka kemudian memberikan penjelasan kepada Bapak BTP bahwa sesuai pengaturan yang sudah ditetapkan, calon pemilih yang sudah terdaftar di DPTb PPLN Osaka-lah yang memperoleh nomor antrean awal. Mekanisme tersebut kemudian dijelaskan pula oleh para saksi kepada calon pemilih yang lain dan dapat diterima, serta berjalan dengan lancar hingga akhir pemungutan suara," tulis PPLN Osaka.

PPLN Osaka mengatakan Ahok menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan prosedur. Pencoblosan di Osaka juga disebut berjalan dengan lancar.


Simak Juga 'Viral Video Ahok Marah-marah Saat Nyoblos di Jepang':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed