DetikNews
Senin 15 April 2019, 17:58 WIB

Penumpang TransJakarta Diprediksi Turun 50% Saat Pilpres

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Penumpang TransJakarta Diprediksi Turun 50% Saat Pilpres Ilustrasi TransJakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - PT TransJakarta memprediksi penumpang turun hingga 50 persen saat Pilpres dan Pileg serentak. Meski demikian, TransJakarta tetap mensiagakan 1.300 bus untuk melayani penumpang.

"Pengalaman sebelumnya tahun 2014 ada, pemilu tahun 2017 juga ada Pilkada DKI. Ternyata jumlah pelanggan di hari hari pemilu itu sekitar 55-60 persen dari hari kerja," kata Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Joseph memprediksi lalu lintas akan lengang karena warga menggunakan hak pilihnya di tempatnya masing-masing. Namun, layanan TransJakarta dipastikan tetap berjalan normal.



"Jadi kira-kira mungkin jumlag bus yang kita persiapkan sekitar 1.300-1.400 kendaraan. Tapi jangan khawatir dengan jumlah itu sudah cukup memadai. Karena jumlah bus yang banyak itu kadang-kadang diperlukan," jelas Joseph.

Layanan direct service yang biasa diterapkan saat hari kerja akan ditiadakan saat Pilpres. Menurutnya, rute tersebut hanya dibutuhkan saat hari kerja saja.

"Biasanya di hari-hari libur layanan direct service ditiadakan. Contoh ada layanan kalau hari kerja dari Pulogadung ke Kalideres langsung tanpa transit di Harmoni. Sekarang Pulogadung- Harmoni- Kalideres," terangnya.



TransJakarta juga memberikan kesempatan bagi pegawainya untuk menggunakan hak pilihnya. Joseph menjamin kewajiban bekerja bagi tidak menghalagi hak memilih bagi pegawainya.

"Di bagian operasional rekan rekan yg bertugas dari pagi sekitar 4.30 WIB itu berangkat awal itu akan menyelesaikan tugasnya sekitar jam 10.00 WIB. Supaya rekan rekan yang shift siang dari pagi sampai jam 10.00 WIB sempat untuk memilih di rumahnya," ujarnya.



5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed