DetikNews
Senin 15 April 2019, 17:37 WIB

KPAI Imbau Ortu Jaga Anak Agar Tak Jadi Korban Penculikan

Matius Alfons - detikNews
KPAI Imbau Ortu Jaga Anak Agar Tak Jadi Korban Penculikan Anggraeni, pelaku penculikan balita di Bekasi (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) prihatin atas kasus penculikan balita ASA (3). Belajar dari kasus tersebut, KPAI mengimbau para orang tua betul-betul menjaga anaknya saat bermain di luar rumah.

"Kasus ini harus jadi pembelajaran kita semua, masyarakat, orang tua yang memiliki anak harus terus mantau dan jaga dengan baik agar anak-anak kita benar terpastikan tidak jadi korban penculikan," kata Ketua KPAI Susanto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/4/2019).


Susanto mengatakan, anak rentan menjadi korban penculikan ketika pengawasan orang tua lengah.

"Karena tentu kalau tidak terjaga dengan baik, keterpaparan anak jadi korban penculikan bisa saja terjadi," ungkapnya.

Susanto juga mengapresiasi kinerja polisi yang berhasil mengamankan pelaku dan korban. Petugas bisa menemukan korban dalam kondisi selamat setelah hilang lebih dari seminggu.


"Upaya yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum luar biasa, tentu kita ingin sampaikan apresiasi yang besar kepada Polda dan Direktorat Reserse Krimum atas segala upaya yang dilakukan sehingga anak ini bisa kembali ke keluarganya," tambah Susanto.

Korban diculik di Masjid Al-Amin Komplek Bintara 3, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi pada Selasa (9/4) lalu. Aksi penculikan itu terekam kamera CCTV.


Korban dan pelaku ditemukan di masjid di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Minggu (15/4). Pelaku diketahui bernama Anggraeni (55).

Selama dalam penguasaan pelaku, korban dibawa untuk mengemis di beberapa tempat di kawasan Bogor hingga Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Selama 5 hari itu, korban dan pelaku tidur dari masjid ke masjid.



Tonton video Balita yang Diculik di Masjid Bekasi Ditemukan, Begini Kondisinya:

[Gambas:Video 20detik]


(mei/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +