DetikNews
Senin 15 April 2019, 13:04 WIB

Fadli Zon Minta KPU Ungkap Dalang Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Tsarina Maharani - detikNews
Fadli Zon Minta KPU Ungkap Dalang Surat Suara Tercoblos di Malaysia Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta KPU segera membeberkan seluk beluk kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Fadli mengaku tidak ingin ada kecurangan yang ditutup-tutupi KPU.

"Mereka (KPU) bertanggung jawab untuk mengungkap ini. Siapa yang jadi dalang, siapa jadi pelakunya, dan ini adalah sebuah kejahatan demokrasi dan pengkhianatan terhadap politik kita," kata Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/4/2019).



[Gambas:Video 20detik]


Fadli mengimbau KPU-Bawaslu serta aparat bersikap netral di Pemilu 2019. Menurut dia, ketidaknetralan penyelenggara pemilu akan menyebabkan ketidakpercayaan publik.

"Kita berharap sebenarnya harus dimulai dari penyelenggara pemilunya. KPU-Bawaslu itu yang harus mencegah. Kemudian aparat juga harus netral. Aparat keamanan dan juga birokrasi harus netral," ujarnya.

Jika publik tidak lagi percaya kepada penyelenggara pemilu, Fadli menilai bisa menimbulkan kekisruhan. Ia mengatakan pemilu merupakan kompetisi merebut kekuasaan sesuai konstitusi.

"Pemilu ini adalah cara yang beradab untuk berkompetisi merebut kekuasaan secara damai dan konstitusional. Tapi kalau masyarakat menjadi tidak percaya lagi kepada pemilu, lantas apa yang akan terjadi? Kan bisa kisruh, bisa rusuh," ucap Fadli.




Soal surat suara tercoblos di Malaysia, Polri bekerja sama dengan Polis Diraja Malaysia untuk mengungkap kasus ini. Disebutkan, hasil investigasi kasus itu akan disampaikan besok, Selasa (16/4).

KPU pun yakin kasus ini bakal terungkap. KPU menargetkan kasus ini terurai dengan jernih sebelum 17 April, yakni sebelum hari pemungutan suara Pemilu 2019 di Indonesia.

"Sebelum 17 April, selesai (kasus surat suara tercoblos di Malaysia)," kata komisioner KPU RI Pramono Ubaid di Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (14/4).


Saksikan juga video 'Hanya Tersedia 3 Titik, TPS Malaysia Dibanjiri Pemilih':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini



(tsa/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed