DetikNews
Senin 15 April 2019, 12:32 WIB

248.448 Surat Suara Mulai Dikirim ke 6 Kelurahan di Jagakarsa

Farih Maulana - detikNews
248.448 Surat Suara Mulai Dikirim ke 6 Kelurahan di Jagakarsa Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Ratusan ribu surat suara di GOR Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mulai dikirim ke 6 kelurahan. Di Kecamatan Jagakarsa, total ada 971 tempat pemungutan suara (TPS).

"(Sebanyak) 248.448 surat suara, kemudian kotak suara 3.884 yang paling banyak di Kelurahan Jagakarsa," ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Jagakarsa, Budi Andoko, di GOR Jagakarsa, Jl Balai Rakyat, Jagakarsa, Jaksel, Senin (15/4/2019).

Selama ini surat suara disimpan di GOR Jagakarsa. Ada lima petugas KPPS dari tiap TPS yang akan mengambil logistik pemilu.

Budi mengatakan sementara ini tidak ada kendala dalam pendistribusian logistik ke TPS-TPS di Kecamatan Jagakarsa ini. Namun ada beberapa TPS yang berada di gang-gang sempit sehingga pengiriman logistik harus ditempuh dengan motor atau berjalan kaki.

"Jagakarsa ada di gang-gang kecil yang masuk, tapi bisa dilalui hanya nggak bisa dengan mobil kalau motor bisa. Intinya, untuk komunikasi pejalan kaki itu aman," katanya.

Dia menambahkan nantinya ada 1 pengawas yang akan menjaga kotak suara dan surat suara di TPS. TPS juga disterilkan agar tidak ada pihak-pihak tak bertanggung jawab yang akan melakukan kecurangan.

"Kita mensterilkan setiap TPS radius 200 meter untuk mengosongkan alat peraga kampanye. Semua kegiatan TPS tidak ada kegiatan alat peraga kampanye, mulai pukul sekarang lagi dirapikan dua kelurahan kemudian berikutnya terus berlanjut," jelasnya.



Sementara itu, Camat Jagakarsa Mundari juga hadir dalam kegiatan loading logistik pemilu tersebut. Dalam kegiatan ini, logistik pemilu ditutup dan disegel.

Mundari mengatakan pendistribusian logistik pemilu dilakukan selambatnya pada Selasa (16/4). Akan tetapi, pihaknya memaksimalkan pendistribusian selesai hari ini.

"Meskipun paling lambat H-1 besok, kita tetep perjalanan banyaknya kegiatan, maka ini akan berlanjut terus sampai nanti kita monitor dengan tim kita juga dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kapolsek, Danramil, juga kita tentunya ada Panwas juga tingkat kota juga hadir di sini," jelas Mundari.

Logistik akan dikirim ke 6 kelurahan di Kecamatan Jagakarsa dengan total TPS 971, terdiri dari Kelurahan Lenteng Agung sebanyak 185 TPS, Srengseng Sawah 180 TPS, Jagakarsa 217 TPS, Ciganjur 125 TPS, Cipedak 123 TPS, dan Tanjung Barat 141 TPS.

"Saat ini untuk 2 kelurahan yang akan kita loading keluarkan, Lenteng Agung dan Srengseng Sawah akan kita arahkan. Andai nanti malam juga selesai untuk Tanjung Barat, nanti malam juga kita bergerak," jelas Mundari.

Pendistribusian logistik ke TPS-TPS ini akan dikawal oleh polisi, TNI, dan Satpol PP. Logistik pemilu akan dikirimkan ke PPS-PPS.

"Untuk dari sini ke PPS, PPS ke TPS, TPS nanti penghitungan suara, dari penghitungan suara balik lagi ke mari nanti dihitung," kata dia.

Mundari mengimbau masyarakat ikut menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Warga diminta tidak golput dan menyia-nyiakan hak pilihnya.

"Kita berharap semuanya aman. Kemudian untuk masyarakat saya menghimbau untuk ikut pesta demokrasi ini dengan baik, tetapi bagaimana mereka menjadi bagian dari pemilihan atau pemilih yang berkontribusi untuk negara," tandasnya.



(mea/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed