detikNews
Minggu 14 April 2019, 17:19 WIB

Anak Muda Ramaikan Pencoblosan di KBRI Beijing

Tim detikcom - detikNews
Anak Muda Ramaikan Pencoblosan di KBRI Beijing Suasana pencoblosan di KBRI Beijing (Foto: dok. KBRI Beijing)
Jakarta - Kaum milenial mendominasi penyelenggaraan pemungutan suara di Beijing, Republik Rakyat China. Baik penyelenggara maupun pemilih, kebanyakan adalah anak-anak muda.

Dilansir Antara, Minggu (14/4/2019), anak-anak muda banyak terlibat dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) TPS 001 dan TPS 002 di kantor perwakilan Republik Indonesia, kawasan Dongzhimen Wai Dajie Nomor 4, Distrik Chaoyang, Beijing.



Anak-anak muda juga terlibat menjadi sukarelawan di posko kesehatan dan stan makanan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing. Rata-rata mereka adalah pemilih pemula, baru pertama kali ikut pesta demokrasi lima tahunan kali ini. Panggung hiburan juga menjadi ajang penampilan mereka. Anak-anak muda bernyanyi lagu pop masa kini, baik Indonesia maupun Barat.

Anak Muda Ramaikan Pencoblosan di KBRI BeijingFoto: dok. KBRI Beijing

"Tentu pengalaman ini tidak bisa kami lupakan," kata Fikarina Tasya (18), yang tinggal di Beijing dan untuk pertama kalinya terdaftar sebagai pemilih.


[Gambas:Video 20detik]


Ada dua TPS di wilayah KBRI Beijing. Masing-masing TPS memiliki Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) sebanyak 444 dan 429 orang. Penghitungan suara akan digelar pada Rabu (17/4) besok.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun membuka TPS di Beijing tepat pada pukul 08.00 waktu setempat. Dia berpesan agar semuanya memanfaatkan momentum pemungutan suara ini.



"Gunakan hak pilih sebaik-baiknya karena PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) dan KPPSLN telah memberikan hak konstitusional kita sebagai warga negara Indonesia untuk memilih di mana pun berada," kata Djauhari.

Dubes memimpin KPPSLN dan sejumlah warga negara Indonesia meneriakkan yel-yel 'Pemilih Berdaulat, Negara Kuat' sebelum KPPSLN memulai proses pemungutan suara.


Tonton juga video KBRI Malaysia Dipadati Pencoblos, Lalin Tersendat:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com