DetikNews
Sabtu 13 April 2019, 19:52 WIB

Round-Up

Tasbih Ulama untuk Para Capres di Ujung Masa Kampanye

Tim detikcom - detikNews
Tasbih Ulama untuk Para Capres di Ujung Masa Kampanye Jokowi dan Prabowo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto mendapat dari tasbih dari ulama pada akhir masa kampanye. Jokowi mendapat tasbih dari Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi, sementara Prabowo mendapat tasbih dari Ustaz Abdul Somad (UAS).

Prabowo lebih dulu mendapat tasbih dari Ustaz Somad. Dia diberi tasbih saat bertemu dengan Ustaz Somad, sebagaimana terlihat dalam video yang diunggah di channel YouTube Indonesia AdilMakmur, Kamis (11/4/2019).

"Terima kasih, Ustaz bisa berjumpa dengan saya. Saya mengikuti Ustaz banyak keliling di Indonesia. Apa yang Ustaz lihat selama keliling Indonesia akhir-akhir ini?" kata Prabowo di awal perbincangan.

Prabowo terima tasbih dan minyak wangiUstaz Abdul Somad bertemu dengan Prabowo Subianto. (Tangkapan layar video Youtube Indonesia AdilMakmur)



[Gambas:Video 20detik]


UAS lalu menceritakan pengalamannya berceramah di berbagai daerah. Kata UAS, jemaah kerap menunjukkan salam dua jari.

"Saya susah kadang saat ceramah ini, 'mari kita dengar tausiah dari Almukarrom Abdul Somad'. Begitu saya naik, semua orang (simbol dua jari) ustaz, saya bilang, 'Kalian kan punya jari 10, kenapa yang diangkat cuma dua?' Saya ucapkan itu untuk netralisir, karena ini kan ada Panwaslu-Bawaslu, saya tidak ingin tablig akbar itu jadi politis," kata UAS.

Dalam pertemuan itu, Ustaz Somad memberikan tasbih kepada Prabowo. Dia juga memberikan minyak wangi kepada Prabowo.

"(Ini tasbih) dari Persia, paling saya sayangi. Beli di Madinah, Bapak nggak perlu pegang di depan orang banyak, nanti disangka pencitraan. Bapak cukup tahajud malam, Bapak berzikir," ucap Ustaz Somad.

Jokowi terima tasbih dan serbanJokowi menerima tasbih dan serban (Foto: pol.)




Sementara itu, Jokowi menerima tasbih dari Habib Luthfi sebelum dirinya datang ke Konser Putih Bersatu di GBK. Tasbih itu diterima Jokowi saat berbincang dengan KH Maimoen Zubair dan Habib Luthfi.

Pertemuan Jokowi dengan Mbah Moen dan Habib Luthfi dilakukan di Hotel Fairmont, Jakarta, yang tak jauh dari kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Mbah Moen mengambil serban berwarna hijau. Sebelum memberikan serban kepada Jokowi, sesepuh PPP itu tampak menunjukkan cara memakainya. Jokowi pun langsung memakai serban tersebut.

Setelah itu, Habib Luthfi juga memberikan hadiah kepada Jokowi. Ia memberi Jokowi tasbih berwarna kebiru-biruan yang kemudian dikalungkan Jokowi.


Perihal Ulama Diseret ke Politik, Apa Kata Gus Mus? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed