DetikNews
Jumat 12 April 2019, 22:03 WIB

Round-Up

Target Realistis Jokowi di Kota Hujan

Tim detikcom - detikNews
Target Realistis Jokowi di Kota Hujan Jokowi (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) tak muluk-muluk mematok target perolehan suara di Bogor, Jawa Barat. Di Kota Hujan, Jokowi berharap mendapat 50 persen suara.

Jokowi mengatakan pihaknya sudah melakukan penghitungan terkait wilayah yang disambanginya untuk berkampanye. Target angka yang ditetapkan pun sesuai dengan penghitungan yang realistis.

"Ya kita ini kalau menargetkan dan sebagainya, itu realistis. Ada peluang, kita hitung, kita kalkulasi, dan kita keluarkan angkanya. Jadi ya itu sebuah angka yang sangat realistis," kata Jokowi seusai kampanye di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Jokowi juga telah menerima hasil survei terakhir untuk perolehan suaranya di Bogor. Hasilnya 50:50.

"Karena memang dari survei terakhir memang sudah sebetulnya sudah fifty-fifty," katanya.

Lalu, berapa persentase raihan suara Jokowi di Bogor pada Pilpres 2014? Angkanya memang tidak mencapai 50 persen.


Sebelumnya, dalam orasi kampanye di Sentul, Jokowi mengatakan dirinya kalah di Bogor pada Pilpres 2014 melawan Prabowo Subianto. Dia hanya berhasil meraih suara 34 persen.

Pada Pilpres 2019 ini, Jokowi pun tak menetapkan kemenangan dengan target tinggi di Bogor. Minimal dia berharap bisa meraup suara 50 persen.

"Lima puluh persen itu target minimal. Artinya, kalau dapat 55 persen alhamdulillah, 60 persen boleh, 70 persen boleh," kata Jokowi.

Untuk Jawa Barat, Jokowi memang tak mematok angka tinggi. Persentase perolehan suaranya di Jawa Barat untuk Pilpres 2019 diharapkan Jokowi bisa mencapai angka 50 persen.

"Pada Pilpres 2019, kita harus menang minimal 50 persen, saya tidak minta tinggi-tinggi, minimal 50 persen," ujar Jokowi saat berkampanye di Sukabumi, Jawa Barat, sebagaimana dilansir Antara, Kamis (11/4).

Jabar diketahui merupakan basis pendukung capres Prabowo Subianto. Pada Pilpres 2014, Jokowi meraih sekitar 40 persen suara.

"Di Jabar tahun 2014 kita mendapat 40 persen. Tapi, dengan semangat, insyaallah kita menang," kata Jokowi.

Calon presiden nomor urut 01 itu menyebutkan, berdasarkan survei yang ada, pasangan Jokowi-Ma'ruf sudah unggul 4 persen di atas pesaing. "Artinya, kita akan menang. Terima kasih kepada kepala daerah yang sudah hadir di sini sebagai pribadi," katanya.
(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed