detikNews
Jumat 12 April 2019, 15:40 WIB

Prabowo Kalah 19,8% di Survei SMRC, TKN: Tak Benar Ada Distrust ke Jokowi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Prabowo Kalah 19,8% di Survei SMRC, TKN: Tak Benar Ada Distrust ke Jokowi Maruarar Sirait (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Survei Saiful Murjani Research and Consulting (SMRC) menempatkan pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul 19,8 persen dari Prabowo Subianto-Sandiaga menjelang pencoblosan. Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan hasil itu membuktikan publik masih percaya kepada Jokowi.

"Ya yang saya katakan tadi, kalau ada yang bilang distrust atau ketidakpercayaan pada Jokowi, itu tidak benar," kata juru kampanye nasional TKN, Maruarar Sirait, di kantor SMRC, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).



Pria yang akrab disapa Ara ini menyebut elektabilitas Jokowi mengalami peningkatan 3 kali lipat dibanding selisih perolehan suara pada Pilpres 2014. Menurutnya, hal itu semakin menguatkan bahwa kepercayaan publik kepada Jokowi sangat tinggi.

"Itu meningkat dari 6 persen ke 19 persen itu kali tiga. Ini tidak mungkin secara tiba-tiba ada peningkatan yang luar biasa. Sembilan belas persen itu setara kalau kita hitung ada 25 juta suara. Jadi ini kan sudah dipahamin oleh masyarakat ini kita melihat kepercayaan kepada Jokowi ini tinggi," sebutnya.

[Gambas:Video 20detik]




Sebelumnya diberitakan, SMRC melakukan survei terkait elektabilitas capres-cawapres di Pilpres 2019 menjelang pemungutan suara. Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul 19,8 persen dibanding Prabowo-Sandiaga menjelang pencoblosan pada 17 April mendatang.

"Dengan pengukuran langsung dengan pertanyaan seandainya pilpres dilakukan sekarang, maka pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan sebesar 56,8 persen, lalu Prabowo-Sandiaga sebesar 37 persen, yang belum memilih 6,3 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat rilis hasil survei di kantornya, Jl Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

Survei dilakukan pada 5-8 April 2019. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan 2.285 responden dari seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan dengan wawancara langsung tatap muka. Margin of error dalam survei ini kurang-lebih 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Simak Juga "Gempuran Survei di Minggu Terakhir Kampanye":

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com