DetikNews
Jumat 12 April 2019, 09:12 WIB

Seruan Amien Rais Soal People Power, Bagir Manan: Itu Omong Kosong

Andi Saputra - detikNews
Seruan Amien Rais Soal People Power, Bagir Manan: Itu Omong Kosong Prof Bagir Manan (ari/detikcom)
Jakarta - Amien Rais menyerukan people power apabila dalam Pemilu 2019 terjadi kecurangan. Menurut begawan hukum Profesor Bagir Manan, secara teori, itu omong kosong. Kok bisa?

"Kalau orang yang mengkhayal-khayal akan membuat people power, tanpa suatu kondisi objektifnya, di pelajarannya, secara teorinya, itu omong kosong," kata Bagir Manan tertawa.

Hal itu disampaikan dalam wawancara dengan Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Amsari dan Direktur Puskapsi Bayu Dwi Anggono sebagaimana dikutip detikcom, Jumat (12/4/2019). Seluruh wawancara ditampilkan dalam vlog PUSaKO FHUA dengan judul 'Ayo Gunakan Hak Pilih, Jangan Delegitimasi Pemilu - Bersama Prof. Bagir Manan'.

[Gambas:Video 20detik]


Menurut Bagir Manan, people power merupakan pernyataan orang yang sedang bermimpi. Sebab, people power perlu syarat objektif.

"People power, taruhlah yang mimpi people power itu terlalu mengenang tahun 1998 atau generasi jauh lagi, 1966. Satu, people power memenuhi syarat-syarat objektif tertentu, tidak bisa diciptakan, suatu proses. Momentum revolusi, momentum people power hanya gerakan momentum. Keadaan objektif harus ada," ujar mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) itu.

Namun Bagir melihat syarat terjadinya people power tidak ada saat ini.

"Saya tidak bisa melihat keadaan objektif seperti itu," Bagir menegaskan.


Bagir menceritakan soal Revolusi Rusia. Kala itu, Lenin sedang tidak ada di Rusia dan, saat dikasih tahu, Lenin masih ragu-ragu apakah benar revolusi benar terjadi. Demikian juga Syahrir, saat diberi tahu tentang Proklamasi Kemerdekaan, ia juga masih ragu, apakah rakyat Indonesia sudah siap melakukan revolusi.

"Itu soal momentum, tidak bisa diciptakan. Kalau orang yang mengkhayal-khayal akan membuat people power, tanpa suatu kondisi objektifnya, di pelajarannya, secara teorinya, itu omong kosong," kata Bagir tertawa.



Tonton juga video Amien Rais: Dulu Kita Bisa Reformasi karena People Power!:

[Gambas:Video 20detik]


Seruan Amien Rais Soal People Power, Bagir Manan: Itu Omong Kosong

(asp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed