Menhub Minta Tata Kelola Transportasi Air di Palembang Diperbaiki

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 10 Apr 2019 15:23 WIB
Menhub Budi Karya (Foto: Dok Kemenhub)
Palembang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyoroti soal keselamatan transportasi air di Palembang, Sumatera Selatan. Menurut Budi, tata kelola transportasi air di Palembang harus diperbaiki.

"Palembang wilayah perairannya yang besar dan akses ke daerah pakai kapal harus dipersiapkan dengan baik. Kita tidak menegur, tapi kita mengajak untuk memperbaiki tata kelola mereka, setelah itu barulah kita peringati," kata Budi saat sosialisasi keselamatan pelayaran dan transportasi di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Rabu (10/4/2019).



Dia mengatakan keselamatan adalah suatu keharusan dalam transportasi. Budi menyatakan selalu mengingatkan semua pihak yang terkait tata kelola transportasi untuk memperhatikan keselamatan.

"Keselamatan adalah suatu keharusan dalam transportasi. Maka setiap tatap muka saya selalu mengingatkan pihak terkait. Saya selalu ingatkan," ujarnya.



Ke depan, Budi meminta seluruh pihak yang terlibat dalam transportasi perairan supaya lebih teliti. Termasuk di antaranya memeriksa kelengkapan alat keselamatan dan pelampung.

"Kapal harus memiliki safety, kecepatan kapal harus diatur juga. Jadi nggak bisa kapal di operasikan tanpa dicek terlebih dahulu, harus cek lagi keselamatannya," kata Budi. (ras/haf)