DetikNews
Rabu 10 April 2019, 11:36 WIB

GP Ansor Maros Kawal Pencoblosan di TPS

M Bakrie - detikNews
GP Ansor Maros Kawal Pencoblosan di TPS Gerakan Pemuda Ansor di Maros, Sulsel. (Foto: Dok. istimewa)
Maros - Gerakan Pemuda Ansor di Maros, Sulsel, akan mengerahkan anggotanya untuk mengawal pengamanan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). Total ada 1.082 TPS yang tersebar di 14 kecamatan di Maros.

"Jadi semua organisasi di bawah NU akan dikerahkan untuk mengamankan seluruh TPS yang ada di Maros saat pencoblosan. Ini sesuai instruksi dari pusat. GP Ansor yang akan mengkoordinir," kata Ketua GP Ansor Maros, Abrar Rahman, Selasa (9/4/2019) malam.

Pengawalan pencoblosan ini disebut GP Ansor Maros sebagai Gerakan Rabu Putih. Tujuannya memastikan masyarakat tanpa rasa khawatir atau takut mencoblos di TPS pada 17 April.




"Sekarang ini hoax dan ujaran kebencian terpolarisasi di masyarakat. Ada juga ancaman intimidasi dari kelompok tertentu hingga warga tidak memilih. Kita ingin memastikan di TPS, tidak ada intimidasi apa pun bagi semua pemilih," lanjut Abrar Rahman.

Dia menyebut pengawalan ini akan melibatkan ribuan kader muda Nahdlatul Ulama, seperti Ansor, Banser, PMII, IPNU-IPPNU, Pagar Nusa, serta pengurus NU kecamatan dan desa.





"Gerakan ini bukan milik Ansor saja, kita lempar ini ke masyarakat agar seluruh komponen masyarakat terlibat dalam gerakan Rabu Putih ini. Pemilu ini memang sebuah pertaruhan ideologis bagi kami," ujarnya.


Simak Juga "Ada ASN Terlibat Kelompok Radikal, GP Ansor Ngadu ke Jokowi":

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed