DetikNews
Senin 08 April 2019, 18:55 WIB

Diguyur Hujan Deras, Ruas Jalan di Pasir Putih Depok Amblas

Farih Maulana - detikNews
Diguyur Hujan Deras, Ruas Jalan di Pasir Putih Depok Amblas Foto: Farih Maulana/detikcom
Depok - Ruas jalan di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, amblas. Jalan tersebut amblas setelah diguyur hujan deras beberapa hari belakangan ini.

"Kejadiannya kemarin, beres (sehabis) hujan deras. Itu kan sudah retak, mungkin karena banyak mobil proyek lewat, ya memang di situ ada proyek. Kalau nggak lewat situ, lewat mana lagi," kata Ketua RT 001 RW 03 Didit Syamsudin (52) di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Senin (8/4/2019).

Didit mengungkapkan jalan tersebut sebetulnya sudah retak dan miring sejak 1,5 bulan lalu. Jalan tersebut merupakan akses penghubung Kelurahan Bedahan dengan Kelurahan Pasir Putih.

"Itu penghubung Kelurahan Bedahan sama Kelurahan Pasir Putih. Nanti saya mau ke rumah LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) sih sebetulnya. Intinya, ya bagaimana mestinya antara Kelurahan Pasir Putih dan Bedahan biar ada jalan pintas di antara dua kelurahan itu," jelasnya.

Jalan tersebut amblas setelah hujan deras pada Minggu (7/4). Air kali yang ada di dekat jembatan kecil kemudian meluap dan mengikis jalan hingga akhirnya sebagian jalan amblas.

Jalan tersebut selama ini menjadi akses utama warga Pasir Putih. Ada jalan lain, tetapi tidak terlalu lebar.



"Sebetulnya sih bisa (dilalui mobil) cuma agak ngeri. Jadi takutnya kalau dipaksakan, kebalik mobilnya," tuturnya.

Selain hujan deras, Didit menduga jalan tersebut amblas karena sering dilintasi truk proyek.

"Ya penyebabnya, yang pertama, kalau kita perhatiin itu kan ada proyek, mungkin ada barang-barang berat terlalu sering kayak batu-pasir segala macam. Jadi kan tanah pun lama-lama akan amblas," jelasnya.

Turap di kali tersebut juga jebol, sehingga air meluap dan mengikis jalan hingga amblas.

"Dulu kan dipasang batu, diterjang air, terus kebawa. Jadi tinggal tanahnya saja. Dulu di jembatan itu dibikin turapnya, buat ngalingin airlah minimal batu kali itu," tuturnya.

Sampai sore tadi, jalan tersebut belum diperbaiki. Didit berharap pemerintah memperbaiki jalan tersebut.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed