DetikNews
Sabtu 06 April 2019, 01:24 WIB

Longsor dan Pohon Tumbang di Perbatasan Bandung-Garut, Lalin Terganggu

Wisma Putra - detikNews
Longsor dan Pohon Tumbang di Perbatasan Bandung-Garut, Lalin Terganggu Foto: Longsor dan pohon tumbang di perbatasan Bandung-Garut (Dok. Istimewa)
Bandung - Setelah hujan mengguyur di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akses jalan perbatasan Bandung-Garut tertutup tanah longsor dan pohon tumbang.

Informasi yang dihimpun detikcom, Sabtu (6/4/2019), kejadian itu terjadi di perbatasan Bandung-Garut, Jumat (5/4) malam sekitar Pukul 22.00 WIB. Akibatnya arus lalu lintas dari arah Garut menuju Bandung dan sebaliknya terganggu.

"Lokasinya sebelum Lingkar Nagreg kalau dari arah Garut, dekat Warung Elbasari," kata Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor via pesan singkat.


Joshua mengungkapkan, terjadi pergerakan tanah sehingga tebing yang ada di jalan tersebut longsor dan menutup sebagian badan jalan. Selain itu, pohon tumbang terjadi di sejumlah titik.

Hingga Pukul 00.30 WIB, pihaknya bersama kepolisian sedang melakukan evakuasi pohon tumbang dan membersihkan longsoran tanah. Selain itu, satu unit alat berat jenis loader diterjunkan untuk membersihkan material tanah.

"Tebingnya sekitar 3-4 meter. Ada empat titik untuk pohon tumbang. Alat berat ada satu dari Dinas PU, untuk ekstrikasi pemotongan ada dari Basarnas dan kepolisian," ungkapnya.


Longsor dan Pohon Tumbang di Perbatasan Bandung-Garut, Lalin TergangguFoto: Longsor dan pohon tumbang di perbatasan Bandung-Garut (Dok. Istimewa)

Selain itu, aliran listrik di lokasi kejadian padam karena kabel tertimpa oleh pohon tumbang. "Untuk lokasi perbatasan di Nagreg ini listrik mati katena kabelnya terputus akibat pohon tumbang ini," ujarnya.

Karena masih dilakukan pembersihan material tanah, Joshua menambahkan, untuk arus lalu lintas pihak kepolisian melakukan buka tutup jalur.

"Kalau dari arah Bandung jalur sebelah kiri saja yang tertutup. Kendaraan ditutup buka jalurnya kurang lebih 15-20 menit dibuka, 15-20 menit dibuka," tambahnya.


Tonton video Tertimbun Longsor, 8 Rumah di Cililin Rusak Berat:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed