DetikNews
Jumat 05 April 2019, 21:35 WIB

Polisi Imbau Warga Tak Bermain di Kali Ancol yang Tercemar Limbah

Mei Amelia R - detikNews
Polisi Imbau Warga Tak Bermain di Kali Ancol yang Tercemar Limbah Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Polisi memastikan Kali Ancol berbusa karena tercemar limbah bahan kimia berbahaya. Polisi mengimbau warga tidak menggunakan air kali atau beraktivitas di kali yang tercemar itu.

"Kami ingatkan agar warga sekitar tidak menggunakan air itu dan jangan bermain di dekat TKP situ," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi saat dihubungi detikcom, Jumat (5/4/2019).

Sementara ini, Kali Ancol diberi garis polisi. Polisi belum akan mencabut police line sebelum Kali Ancol dinyatakan benar-benar aman dari limbah tersebut.

"Untuk sementara, kita police line dulu," tuturnya.

Budhi tidak bisa memastikan luas kali yang tercemar limbah. Namun air dari Kali Ancol itu bermuara hingga lepas pantai Ancol.



"Itu mengarah ke muara dan laut," sebutnya.

Budhi menyampaikan limbah tersebut berasal dari truk yang mengalami kecelakaan pada 25 Maret 2019. Bahan kimia yang diangkut truk tumpah ke Kali Ancol sehingga berbusa dan mencemari kali.

Polisi telah meminta keterangan dari ahli Biosfor (Biologi dan Radioaktif) Gegana Polda Metro Jaya untuk mengetahui kandungan limbah itu. Hasilnya menunjukkan limbah tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.





(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed