DetikNews
Jumat 05 April 2019, 21:15 WIB

Polisi akan Periksa Dinas LH-Pihak Terkait Limbah di Kali Ancol

Mei Amelia R - detikNews
Polisi akan Periksa Dinas LH-Pihak Terkait Limbah di Kali Ancol Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Polisi menyelidiki limbah berbahaya di Kali Ancol, Jakarta Utara. Polisi akan meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui unsur pidana terkait kejadian itu.

"Saat ini kami sedang mengumpulkan keterangan saksi dan ahli untuk menentukan apakah memang ada unsur pidana, kelalaian, dan sebagainya dalam kejadian tumpahnya limbah tersebut," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi saat dihubungi detikcom, Jumat (5/4/2019).

Budhi menyebutkan pihaknya mengagendakan pemeriksaan terhadap sopir truk yang mengangkut limbah dan pemilik limbah itu. Polisi ingin mengetahui jenis bahan kimia dalam limbah tersebut hingga jumlah limbah yang diangkut.

"Saya nggak bisa ini ya (memastikan), karena kita sedang dalami. Pada saat ngangkut itu berapa banyak, apa tumpah semua, penuh atau tidak sedang kita dalami dari keterangan dari transporter dan pemilik limbahnya," katanya.



Selain itu, polisi berencana meminta keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk mengetahui kandungan limbah hingga seberapa bahaya limbah tersebut.

"(Apa dampak limbah) itu saya nggak berwenang, ini nanti dari ahli Kementerian Lingkungan Hidup yang akan menyampaikan dan sudah kita jadwalkan juga," tuturnya.

Limbah tersebut berasal dari truk yang mengalami kecelakaan pada 25 Maret 2019. Bahan kimia yang diangkut truk tumpah ke Kali Ancol sehingga mencemari kali.

Polisi telah meminta keterangan dari ahli Biosfor (Biologi dan Radioaktif) Gegana Polda Metro Jaya untuk mengetahui kandungan limbah itu. Hasilnya menunjukkan limbah tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.



(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed