DetikNews
Kamis 04 April 2019, 19:57 WIB

Banser Gabung Jadi Relawan KawalPemilu Jaga Suara 2019

Mochamad Zhacky - detikNews
Banser Gabung Jadi Relawan KawalPemilu Jaga Suara 2019 Foto: Penggagas KawalPemilu Ruly Achdiat bertemu dengan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). (Dok. Istimewa)
Jakarta - Penggagas KawalPemilu Ruly Achdiat bersilaturahmi ke kantor pusat GP Ansor di Jakarta. Dalam silaturahmi tersebut disepakati bahwa Banser secara resmi menjadi relawan KawalPemilu.

Ruly bersama founder Netgrit Hadar Nafis Gumay dan Ferry Rizky bertemu langsung dengan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). Kepada Gus Yaqut, Ruly menyampaikan peranan masyarakat dalam mengawal perhitungan suara Pemilu 2019 ini.

"Untuk itu KPJS (KawalPemilu Jaga Suara) telah menyiapkan platform yang terbuka yang terbukti berhasil menjadi data pembanding tabulasi resmi KPU pada Pilpres 2014," kata Ruly dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4/2019).


Gus Yaqut gabung jadi relawan KawalPemilu.Gus Yaqut gabung jadi relawan KawalPemilu. Foto: Dok. Istimewa


Ruly mengatakan Gus Yaqut juga sempat menyaksikan sendiri proses upload C1 Plano yang nantinya akan dijaga oleh relawan. Gus Yaqut, sebut dia, juga melihat bagaimana proses klasifikasi foto C1 Plano yang nantinya akan menjadi sumber data jumlah suara pilpres dan pileg yang masuk ke situs KawalPemilu.

"Proses yang dilakukan kurang dari 3 menit ini membuat Gus Yaqut yakin platform KawalPemilu dapat menjadi rujukan pembanding tabulasi resmi KPU," ujar Ruly.

Ruly menyebut Gus Yaqut berpandangan bahwa gerakan KawalPemilu sejalan dengan inisiatif Banser dalam mengawal Pemilu 2019. Bahkan, Gus Yaqut langsung menginstruksikan jajarannya untuk relawan KawalPemilu.

"Gus Yaqut kemudian menginstruksikan Sekjen GP Ansor (Adung A Rochman) agar Banser di semua lini untuk bergerak mengawal dan memastikan pemilu bersih dan berjalan baik, dan menggunakan platform rekrutmen relawan KawalPemilu yang mudah dan terintegrasi menjadi alat kerja resmi," papar Gus Yaqut.




Gus Yaqut juga melakukan registrasi sebagai relawan KawalPemilu. Dia kemudian membagikan referral codenya melalui WhatsApp Group Banser NU. Dengan instruksi langsung tersebut dalam kurang dari 2 jam, 200 lebih anggota Banser telah terdaftar secara resmi sebagai relawan KawalPemilu.

KPJS dan GP Ansor berharap Pemilu 2019 berjalan bersih, damai dan transparan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengesampingkan pilihan politiknya dengan menjadi relawan KawalPemilu pada situs https://upload.kawalpemilu.org.
(zak/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed