detikNews
Kamis 04 April 2019, 15:42 WIB

TKN soal Video 'Ahok Sumber Konflik': Penjelasan Kiai Ma'ruf Patokannya

Elza Astari Retaduari - detikNews
TKN soal Video Ahok Sumber Konflik: Penjelasan Kiai Maruf Patokannya Abdul Kadir Karding (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ma'ruf Amin memberi penjelasan soal video viralnya yang menyebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai 'sumber konflik dan harus dihabisi'. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf memberikan pembelaan untuk sang cawapres.

"Yang dijelaskan Kiai Ma'ruf adalah patokan yang patut dipercaya karena selain beliau sebagai kiai, beliau juga yang menyatakan sendiri," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).

Dalam video yang beredar, Ma'ruf tampak berbicara dengan sejumlah orang. Video tersebut diketahui bukan baru-baru ini diambil. Pada video itu, Ma'ruf menyebut Ahok merupakan sumber konflik sehingga harus dihabisi.

Ma'ruf sudah memberikan klarifikasi. Menurutnya, peristiwa di video itu terjadi saat beberapa ustaz mengajaknya untuk mendukung Anies Baswedan menjadi capres di Pemilu 2019.


Saat itu, Ma'ruf tidak setuju mendukung Anies di Pemilu 2019. Dia membandingkan kondisi di Pilgub DKI 2017 dan Pilpres 2019. Baginya, Jokowi beda dengan Ahok. Oleh sebab itu, dia mendukung Jokowi.

TKN menilai tak ada yang salah dari pernyataan Ma'ruf. Karding menegaskan Ma'ruf juga sudah memberikan alasannya mengapa menyebut Ahok seperti itu.

"Bukan seperti yang diviralkan ini. Tidak ada lagi sumber yang bisa kita tanya kecuali karena pelakunya memang Kiai Ma'ruf. Dalam artian beliau sudah sampaikan alasannya, konteksnya, niatnya, suasananya saat itu," kata politikus PKB tersebut.

Sebelumnya diberitakan, beredar video Ma'ruf berbicara soal Ahok dengan sejumlah orang. Berikut ini perkataan Ma'ruf:

"Menurut saya, Ahok itu sumber konflik. Bangsa ini akan konflik, tidak akan berhenti kalau Ahok tidak.... Maka itu.. Maka itu Ahok harus kita habisi... Itu sudah pakainya fikih siyasah namanya."


Ma'ruf sudah menjelaskan alasannya membicarakan Ahok. Ia menyebut nama Ahok sebagai pembanding situasi politik Pilpres 2019 yang berbeda dengan Pilgub DKI 2017.

"Sekarang saya buka saja, beberapa ustaz waktu itu minta ngajak saya untuk dukung Anies sebagai calon presiden. Dia mengaca itu bisa berhasil ketika Anies mengalahkan Ahok di Jakarta. Begitu," kata Ma'ruf di Garut, Kamis (4/3).

"Saya tak setuju. Saya bilang, kalau Ahok itu, saya waktu itu menggunakan istilahnya itu apa namanya, sumber konflik. Terjadi konflik itu karena Ahok. Oleh karena itu, tentu Ahok ya kita harus cegah. Kalau dia terus menjadi konflik akan bangsa ini berkonflik," sambungnya.


Saksikan juga video Beredar Video Ma'ruf Amin Sebut 'Ahok Sumber Konflik, Harus Dihabisi':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com