detikNews
Senin 01 April 2019, 11:18 WIB

Polisi Tangkap Oknum Pengurus RT yang Diduga Pungli ke Toko-toko

Matius Alfons - detikNews
Polisi Tangkap Oknum Pengurus RT yang Diduga Pungli ke Toko-toko Foto: Rachman Haryanto
Depok - Tim Jaguar Polresta Depok mengamankan seorang pria, Gunawan Isnaini (39) yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) ke sejumlah toko. Pelaku menarik pungli dari sejumlah toko dengan alasan untuk kas RT.

"Iya benar kami amankan, tapi pengakuannya staf RT. Ada satu orang kami amankan," kata Kepala Tim Jaguar Polresta Depok Iptu Winam Agus saat dihubungi detikcom, Senin (1/4/2019).

Gunawan diamankan setelah meminta rokok ke sejumlah toko di kawasan Duta Pelni, Cisalak, Sukmajaya. Selain meminta uang, Gunawan juga meminta rokok ke toko-toko tersebut.

"Tiap bulan pelaku meminta Rp 50 ribu ke toko-toko itu. Kadang meminta rokok juga," jelasnya.



Winam mengatakan, pelaku setiap bulan meminta 'jatah keamanan' ke toko-toko tersebut. Pelaku kerap meminta pungutan liar tersebut karena ada 'kesepakatan' dengan pihak toko.

"Iya itu tentu saja pungli lah, tapi kan ada kesepakatan sebelumnya. Kesepakatan antara staf RT itu dan toko-toko, jadi kesepakatan untuk isi kas RT, Makanya kan sulit dijerat.

Video pungli tersebut tersebar di media sosial. Dalam video itu, pelaku meminta sejumlah uang dan rokok ke pemilik toko.





(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed