DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 13:04 WIB

Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies soal Penumpang MRT Piknik: Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan Anies Baswedan (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak mengejek pengguna moda raya terpadu (MRT) yang makan di stasiun layaknya piknik. Baginya, lebih baik mereka diberi tahu daripada dihina.

"Nah ini, jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek, kita semua mengalami proses pembelajaran, tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini," ucap Anies kepada wartawan di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya, Selasa (26/3/2019).

Menurut Anies, adanya MRT menjadi pembelajaran bagi masyarakat Jakarta. Anies pun mengajak orang untuk refleksi diri.

"Jadi ini bagian dari proses pembiasaan bahwa menggunakan MRT itu memiliki tata aturan tersendiri, nah ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu, kita-kita dulu waktu pertama kali naik pesawat juga lucu kok, pertama kali naik kereta juga lucu," ucap Anies.


Anies mengajak masyarakat menganggap warga yang 'piknik di MRT' itu sebagai keluarga sendiri. Daripada merendahkan, lebih baik memberi tahu cara yang baik kepada mereka.

"Hargai semuanya sebagai saudara sendiri, ini saudara sebangsa kok, jangan rendahkan, sama sekali jangan pernah direndahkan, justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya," ucap Anies.


Anies miris melihat warga tersebut difoto lalu diviralkan. Dia tidak ingin kejadian itu terulang.

"Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu," kata Anies.
(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed