DetikNews
Minggu 24 Maret 2019, 12:20 WIB

Warga Masih Tinggal di Pengungsian Pasca-tanggap Darurat Gempa Solok

Jeka Kampai - detikNews
Warga Masih Tinggal di Pengungsian Pasca-tanggap Darurat Gempa Solok Warga di Solok Selatan masih tinggal di tenda pengungsian meski tanggap darurat gempa solok telah berakhir. (Jeka Kampai)
Solok Selatan - Masa tanggap darurat untuk bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, telah berakhir. Namun masih banyak warga yang tinggal di tenda pengungsian.

"Masih masih ada warga kita yang tinggal di tenda," kata Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Muaralabuh, Minggu (24/3/2019).

Muzni mengungkapkan, kondisi rumah yang masih tidak layak untuk ditinggali membuat warga memilih menetap di tenda pengungsian. Selain di tenda pengungsian, ada warga yang memilih mengungsi ke rumah keluarga yang tidak terkena dampak gempa.

Salah satu wilayah yang terdapat banyak warga tinggal di pengungsian ada di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ). Kecamatan ini merupakan wilayah terparah yang terkena dampak gempa. Kecamatan lainnya yang juga terkena dampak gempa adalah Kecamatan Sangir Batang Hari dan Kecamatan Sangir Jujuhan.

Meski tanggap darurat telah usai, pemerintah daerah akan tetap memberikan bantuan kepada para pengungsi.

"Bantuan masih terus berdatangan dari berbagai pihak. Untuk kebutuhan warga sudah kita lengkapi, termasuk kebutuhan tenda. Terus kita pasok, karena bantuan terus datang," katanya.


Muzni mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun proposal dan laporan lengkap ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Proposal diberikan agar di masa rehabilitasi dan rekonstruksi ada keputusan besarnya bantuan yang akan diterima para korban.

"Fokus kita saat ini menyusun laporan lengkap," tuturnya.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang Solok Selatan pada Kamis, 28 Februari 2019. Akibatnya, 61 orang terluka dan 500 unit rumah rusak. Pemerintah daerah setempat menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari yang berakhir pada 13 Maret lalu.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed