DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 05:35 WIB

Round-up

Hal-hal Penting Soal Pengumuman SNMPTN

Tim detikcom - detikNews
Hal-hal Penting Soal Pengumuman SNMPTN Foto: Jumpa pers pengumuman hasil SNMPTN 2019 (Audrey/detikcom)
FOKUS BERITA: SNMPTN 2019
Jakarta - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan nilai rapor dan potensi akademik. Sebanyak 92.331 peserta dari 478.608 yang mendaftar, dinyatakan lolos SNMPTN 2019.

Ada 18.206 sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN 2019. Pengumuman peserta yang lolos disampaikan Kemenristekdikti pada 23 Maret 2019.

"Dibandingkan 2018, jumlah yang diterima ada peningkatan," kata M Nasir di gedung D Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).


Bagi para lulusan SMA/SMK sederajat yang lolos SNMPTN rupanya tak akan bisa mengikuti SBMPTN atau tes masuk dengan sistem ujian tulis. Hal tersebut lantaran Kemenristekdikti mulai memberlakukan sistem 'kunci'.

Sebab, menurut pengalamannya, calon mahasiswa yang kembali mendaftar jalur SMBPTN membuat adanya kursi kosong pada kuota SNMPTN.

"Yang perlu kita kunci kembali banyak. Yang daftar di SNMPTIN kemudian diterima, setelah diterima dia mendaftar di SMBPTN, akhirnya kursinya kosong. Akhirnya kami kunci yang sudah diterima di SNMTPN, tidak bisa mendaftar SMBPTN," tutur M Nasir.


Peserta yang lolos SNMPTN akan dinyatakan diterima di PTN tujuan dengan syarat lolos verifikasi data akademik dan persyaratan lain yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat peserta diterima.

"Rapor dan portofolio asli, serta menunjukan ijazah atau Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli," ujar Ketua Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi.


Sementara peserta yang lulus SNMPTN melalui jalur Bidikmisi harus lolos verifikasi data akademik serta data ekonomi keluarga.

Bagi mereka yang lolos, diingatkan lagi jangan sampai lupa untuk melakukan daftar ulang di PTN tujuan. Caranya, bisa dilihat di website kampus masing-masing.
(rna/fdu)
FOKUS BERITA: SNMPTN 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed