detikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 01:59 WIB

Belajar Budaya Indonesia, Puluhan Siswa Lebanon Diajak Naik KRI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Belajar Budaya Indonesia, Puluhan Siswa Lebanon Diajak Naik KRI Puluhan siswa-siswi Lebanon belajar budaya Indonesia di atas KRI (Foto: dok. KBRI Beirut)
Beirut - Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Kontingen Indonesia yang tergabung dalam misi perdamaian dunia di United Nations Interim Force in Lebanon (UNFIL) mengajak siswa-siswi di Lebanon belajar budaya Indonesia. Pengenalan budaya Indonesia dilakukan di atas kapal perang Indonesia SHN-366.

"Ini akan memberikan informasi yang sangat bagus tentang Indonesia kepada bangsa lain tentang wilayah Indonesia, tentang pulau-pulau dan lautan Indonesia. Tentang kebudayaannya, bahasanya, tentang agamanya, peran serta kiprah Indonesia di dunia internasional," kata Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/3/2019).


Hajriyanto mengatakan 50 siswa-siswi diajak dalam kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (21/3) itu. Menurutnya, kegiatan tersebut menarik perhatian para generasi muda di Lebanon.

"Kegiatan semacam ini dilakukan untuk menarik perhatian generasi muda belia di Lebanon terhadap Indonesia. Selain itu, untuk menunjukkan kepada publik di Lebanon mengenai capaian yang telah dilakukan oleh angkatan bersenjata Indonesia," jelas Hajriyanto.

Belajar Budaya Indonesia, Puluhan Siswa Lebanon Diajak Naik KRIFoto: dok. KBRI Beirut
Peserta diajak menyaksikan pentas kesenian yang dimainkan oleh para prajurit. Pertunjukan yang ditampilkan adalah tari Jaranan dan Brambangan Cakil yang diiringi oleh oleh Melody Garuda Band.


Sementara itu, Komandan KRI SHN-366 Letkol Cecep Hidayat mengatakan pasukan yang berada di bawah komandonya memiliki peran yang disebut sebagai trinitas angkatan laut, yaitu peran militer, peran pemolisian, dan peran diplomatik dalam menunjang kebijakan luar negeri Indonesia untuk mengangkat citra Indonesia melalui budaya dan perdamaian. Cecep berharap kegiatan tersebut dapat mengangkat citra Indonesia di Lebanon.

"Selain mengangkat citra Indonesia di Lebanon, juga dapat mendukung promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia," jelas Cecep.
(fdu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com