KAI Gelar Pasar Murah Paket Sembako Senilai Lebih dari Rp 88 Juta

KAI Gelar Pasar Murah Paket Sembako Senilai Lebih dari Rp 88 Juta

Nabilla Putri - detikNews
Jumat, 22 Mar 2019 17:26 WIB
Foto: KAI
Foto: KAI
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar rangkaian kegiatan Pasar Murah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hal tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-21 Kementerian BUMN yang akan jatuh pada 13 April mendatang dan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

"Selain sebagai bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat, kegiatan CSR semacam ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat berbagi kepada sesama yang membutuhkan," ungkap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3/2019).

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar pada Selasa lalu (19/3) di Kecamatan Sukaluyu dan Kamis (21/3) di Kecamatan Ciranjang ini PT KAI menjual masing-masing sebanyak 250 paket sembako murah di kedua kecamatan tersebut dengan total bantuan senilai Rp 88.440.000 atau Rp 44.200.000 per kecamatan.

Dalam kegiatan pasar murah di kedua wilayah tersebut, masyarakat dapat membeli paket sembako senilai Rp 10 ribu yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg, susu kental manis 1 kaleng, mie instan 10 bungkus, dan goodie bag.


Hasil penjualan paket sembako tersebut juga akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk santunan kepada sepuluh anak yatim di Kecamatan Sukaluyu dan Ciranjang. Sebelumnya, kegiatan pasar murah ini juga telah digelar di beberapa daerah yakni Kabupaten Soreang pada Minggu-Senin (10-11/3) dan Arjawinangun Cirebon pada Jumat (8/3) lalu.

Ia juga menambahkan, hingga April 2019 nanti, KAI akan menyelenggarakan kegiatan Pasar Murah 'Paket Pangan Murah' dengan menjual total 30 ribu paket sembako yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah daerah operasi KAI di Pulau Jawa.


Selain menggelar rangkaian kegiatan pasar murah, PT KAI juga menunjukkan kepedulian kepada masyarakat korban bencana banjir dan longsor di wilayah Madiun dan Yogyakarta.

Bantuan yang diberikan untuk wilayah Madiun berupa bahan makanan, air mineral, alat kebersihan, obat-obatan, pakaian, dan handuk diserahkan oleh jajaran PT KAI Daop 7 Madiun kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Madiun Sugiharto di Kantor Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun pada Senin (11/3).

Tidak hanya itu, PT KAI Daop 7 Madiun juga mengirimkan perwakilan pekerjanya untuk ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan kerja bakti terpadu penanganan paska banjir, yang dipimpin langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Damawi pada Rabu (13/3).

Sementara bantuan untuk korban banjir dan longsor di Yogyakarta berupa sembako, air mineral, genset, alat masak, obat-obatan, peralatan pembersih, terpal, selimut, buku tulis dan masker dengan total senilai Rp 50 juta diberikan kepada para korban di empat lokasi terparah akibat bencana banjir dan tanah logsor. Keempat daerah tersebut yakni di Dusun Kemasan, Karangtengah, Imogiri. Kemudian Dusun Salaman, Karangtalun, Imogiri dan Dusun Gejayan, Girirejo, Imogiri serta Dusun Kedung Buweng, Wukir Sari, Bantul pada Rabu (20/3) lalu. (mul/mpr)