detikNews
Jumat 22 Maret 2019, 17:03 WIB

Pascateror, Kedubes New Zealand Prioritaskan Keamanan Kaum Muslim

Lisye Rahayu - detikNews
Pascateror, Kedubes New Zealand Prioritaskan Keamanan Kaum Muslim Foto: Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Roy Ferguson jumpa pers di MUI (Lisye-detikcom)
Jakarta - Pascapenembakan brutal di Masjid An Noor dan Linwood, Selandia Baru, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Roy Ferguson menegaskan pemerintah akan meningkatkan keamanan. Penjagaan juga akan ditingkatkan di sekitar Masjid dan diprioritaskan untuk kaum muslim.

"Keamanan komunitas Muslim di Selandia Baru adalah prioritas utama bagi Polisi dan Pemerintah Selandia Baru. Memastikan bahwa komunitas Muslim di Selandia Baru merasa aman dan terjamin adalah fokus khusus kami, polisi akan berjaga di luar Masjid," ujar Roy saat pertemuan dengan MUI di Kantor MUI Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).



Selain itu pemerintahan Selandia Baru juga akan menjamin keamanan masyarakat. Roy menambahkan Selandia Baru sangat terbuka akan toleransi dan kebebasan beragama.

"Pemerintah bertekad bahwa Selandia Baru akan tetap menjadi masyarakat yang aman dan terbuka dengan ditandai oleh toleransi dan kebebasan beragama," lanjutnya.

Komunitas muslim di Selandia Baru adalah bagian dari negara, imbuh Roy. Sehingga seluruh warga Selandia Baru akan turut menjaga keamanan untuk kaum muslim di sana.

"Puluhan ribu warga Selandia Baru telah bergabung untuk ikut berjaga-jaga untuk para korban dan keluarga dari serangan teroris ini. Kami Mendukung semua korban dan keluarganya baik mereka itu warga negara Selandia Baru, penduduk, atau pengunjung dan kami memprioritaskan ini," kata Roy.

Roy mengaku pemerintah telah menyediakan layanan untuk keluarga korban. Selain itu pemerintahan Selandia Baru juga memberikan akses kepada keluarga korban untuk menghadiri pemakaman korban teror tersebut.

"Sebuah pusat kesejahteraan masyarakat telah didirikan di dekat rumah sakit di Christchurch untuk memastikan korban dapat mengakses dukungan dengan mudah Visa untuk anggota keluarga di luar negeri diprioritaskan sehingga mereka dapat menghadiri pemakaman. Jenazah korban dilepaskan ke keluarga mereka," kata dia.



Ditambahkan Roy, Selandia Baru menyiapkan tim khusus bersama dengan kepolisian untuk membantu proses pemakaman korban penembakan. Pemerintahan setempat juga mempersilahkan kepada keluarga untuk menguburkan secara islam.

"Para spesialis bekerja bersama staf Polisi Selandia Baru untuk mendukung keluarga dan membantu mengubur, mengantar, atau memulangkan mereka ke orang yang mereka cintai dengan cara yang sejalan dengan kepercayaan Muslim, sembari mempertimbangkan keadaan dan kewajiban kepada petugas Koroner," tutupnya.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com