detikNews
Jumat 22 Maret 2019, 12:26 WIB

Dari 100 Titik, Hotspot Karhutla di Riau Kini Berkurang Jadi 17

Tim detikcom - detikNews
Dari 100 Titik, Hotspot Karhutla di Riau Kini Berkurang Jadi 17 Kebakaran Hutan di Riau (Foto: Antara Foto)
Pekanbaru - Jumlah titik panas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau menurun pada hari ini. BMKG memantau ada 17 titik api pada pagi ini, biasanya titik api pada pagi hari lebih dari 100 titik.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno, menyatakan hasil tersebut diperoleh dari citra satelit Terra dan Aqua pada Jumat (22/3/2019), sekitar pukul 07.00 WIB. Jumlah itu sangat rendah dibandingkan kondisi selama tiga hari terakhir yang rata-rata jumlah titik panas pada jam yang sama bisa lebih dari 100 titik.



"Sebanyak 17 titik panas yang terdeteksi satelit hari ini tersebar di Kabupaten Indragiri Hulu (5 titik), kemudian di Rokan Hilir, Siak, dan Indragiri Hilir masing-masing (3 titik), Kepulauan Meranti (2 titik), dan Pelalawan (1 titik)," ujar Sukisno yang dikutip dari Antara.

Dari jumlah tersebut, ada sembilan titik yang punya tingkat level confidence di atas 70 persen. Daerah paling banyak ada di Indragiri Hulu sebanyak empat titik, Rokan Hilir dan Siak masing-masing dua titik, dan Kepulauan Meranti satu titik.



Sementara itu, Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang Palembang akan mengirimkan dua helikopter ke Provinsi Riau untuk memperkuat sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Tambahan armada udara itu untuk memantau dan sekaligus memadamkan titik api karena jenis helikopter yang dikirim tersebut merupakan helikopter pembom air berkapasitas 4,5 ton.
(imk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed