DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 20:18 WIB

KPU Catat Ada 40.035 Pemilih Pindah TPS di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
KPU Catat Ada 40.035 Pemilih Pindah TPS di Banten Foto: Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) oleh KPU Banten. (Bahtiar-detikcom)
Serang - KPU Banten menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Hotel Le Semar, Kota Serang, hari ini. KPU Banten mencatat ada 40.035 pemilih pindahan di 8 kabupaten dan kota.

Koordinator Data Informasi KPU Banten, Agus Sutisna mengatakan, 40.035 DPTb atau pemilih pindahan ini tersebar di 251 kecamatan, 1.038 desa dan kelurahan dan 6.838 TPS se Banten. Dari jumlah sebaran ribuan TPS itu, ada 51 TPS di antarnya adalah TPS tambahan berbasis DPTb.

"51 TPS ini isinya merupakan pemilih-pemilih pindahan dari berbagai daerah, baik di dalam maupun luar Banten", kata Agus usai penandatanganan berita acara pleno dan disaksikan oleh pihak Bawaslu Banten, Kamis (21/3/2019).


Adapun sebarannya, masing-masing di Kabupaten Serang 6 TPS. Kabupaten Tangerang 27 TPS dan Kota Tangerang 18 TPS.

Sementara, atas penetapan DPTb pemillih pindahan ini, Komisioner Bawaslu Banten Nuryanti Solapari memberikan catatan soal ketersediaan surat suara untuk pemilih di TPS berbasis DPTb termasuk di 51 TPS tambahan. KPU, katanya, harus memberikan jaminan mereka untuk bisa memilih.

"Salah satunya terkait ketersediaan surat suara untuk para pemilih di TPS DPTb yang sampai saat ini jaminan regulasinya belum cukup tegas," katanya.

Atas permintaan dan saran Bawaslu tersebut, KPU berjanji akan menyiapkan langkah taktis untuk menjamin hak pilih pemilih DPTb pemilih pindahan. Ini juga sudah dipikirkan solusi kebijakannya oleh KPU RI.
(bri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed